Penerapan SOR Framework terhadap Loyalitas Omnishopper dari Perspektif Channel Integration Quality

PIRANTI, Milena Novita (2022) Penerapan SOR Framework terhadap Loyalitas Omnishopper dari Perspektif Channel Integration Quality. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Milena Novita Piranti-H1E017028-Skripsi-2022.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Milena Novita Piranti-H1E017028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Milena Novita Piranti-H1E017028-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Milena Novita Piranti-H1E017028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Milena Novita Piranti-H1E017028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Milena Novita Piranti-H1E017028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Milena Novita Piranti-H1E017028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Milena Novita Piranti-H1E017028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabVI)
BAB-VI-Milena Novita Piranti-H1E017028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Milena Novita Piranti-H1E017028-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Milena Novita Piranti-H1E017028-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis retail yang saat ini semakin kompetitif, ditandai dengan banyaknya banyaknya retailer dari berbagai bidang bisnis yang telah mengubah model bisnisnya menjadi omnichannel (Starbucks, Zara, Sephora dsb). Omnichannel adalah model ritel yang mengintegrasikan semua saluran yang tersedia untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang mulus bagi pelanggan. Setiap perusahaan retail berusaha untuk mempertahankan pelanggannya agar tidak beralih ke kompetitor. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi serangkaian faktor yang dianggap dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan, serta menguji bagaimana hubungan atau pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan dalam konteks omnichannel yang diekspresikan melalui repurchase intention dan word of mouth. Kerangka kerja yang digunakan adalah SOR framework. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dengan 128 responden di wilayah Jabodetabek. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisa SEM (Structural Equation Modeling) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian mendukung seluruh hipotesis yang dikembangkan dan mengkonfirmasi hubungan positif yang terdapat diantara channel integration quality, perceived empowerment, trust, commitment, repurchase intention dan word of mouth. Seluruh variabel memiliki hubungan positif yang signifikan, kecuali pada hubungan antara trust dengan repurchase intention dan word of mouth yang tidak memliki pengaruh signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t-statistic sebesar 0.141 dan 0.167 (lebih besar dari 0.05). Penelitian ini memperkaya pengetahuan dalam ranah omnichannel serta memberikan hasil berupa implikasi secara teori dan manajerial yang dapat diterapkan oleh para retailer untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H22007
Uncontrolled Keywords: Channel Integration Quality, Perceived Empowerment, Trust-Commitment, Customer Loyalty, SOR Framework, Omnichannel
Subjects: C > C1020 Customer services
L > L331 Loyalty
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mrs Milena Novita Piranti
Date Deposited: 19 Jan 2022 16:17
Last Modified: 19 Jan 2022 16:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13254

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year