Analisis Pengaruh Religiosity, Service Quality dan Image terhadap Customer Loyalty dengan Trust sebagai Mediasi (Studi di Bank Pengkreditan Rakyat Syariah)

AJI, Dimas Setiyo Kusuma (2020) Analisis Pengaruh Religiosity, Service Quality dan Image terhadap Customer Loyalty dengan Trust sebagai Mediasi (Studi di Bank Pengkreditan Rakyat Syariah). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-DIMAS SETIYO KUSUMA AJI-C2C016032-TESIS-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-DIMAS SETIYO KUSUMA AJI-C2C016032-TESIS-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-DIMAS SETIYO KUSUMA AJI-C2C016032-TESIS-FEB-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-DIMAS SETIYO KUSUMA AJI-C2C016032-TESIS-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-DIMAS SETIYO KUSUMA AJI-C2C016032-TESIS-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-DIMAS SETIYO KUSUMA AJI-C2C016032-TESIS-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-DIMAS SETIYO KUSUMA AJI-C2C016032-TESIS-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-DIMAS SETIYO KUSUMA AJI-C2C016032-TESIS-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-DIMAS SETIYO KUSUMA AJI-C2C016032-TESIS-FEB-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-DIMAS SETIYO KUSUMA AJI-C2C016032-TESIS-FEB-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei pada nasabah Bank Pengkreditan Rakyat Syariah yang berada di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini mengambil judul : “Analisis Pengaruh Religiosity, Service Quality dan Image terhadap Customer Loyalty dengan Trust sebagai Mediasi (Studi di Bank Pengkreditan Rakyat Syariah)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas, kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan menempatkan kepercayaan sebagai pemediasi pada nasabah Bank Pengkreditan Rakyat Syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah Bank Pengkreditan Rakyat Syariah di Kabupaten Banyumas yang memiliki produk simpanan. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 135 responden. Purposive sampling method digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SEM (Stuctrural Equation Modeling) dengan aplikasi AMOS (software Analysis Moment of Structure) menunjukkan bahwa : (1) Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, (2) Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (3) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepercayaan, (4) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (5) Citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, (6) Citra perusahaantidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, (7) Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dan (8) Kepercayaan tidak memediasi hubungan kausalitas religiusitas dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, tetapi kepercayaan memediasi secara signifikan hubungan kausalitas citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu dalam upaya meningkatkan loyalitas para pelanggannya, pihak manajemen Bank Pengkreditan Rakyat Syariah sebaiknya memperhatikan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan dari kualitas pelayanan dan peningkatan dari citra perusahaan di mata masyarakat. Upaya yang dapat dilakukan untuk menigkatkan kualitas pelayanan adalah dengan memberikan pelatihan agar kemampuan petugas Bank Pengkreditan Rakyat Syariah untuk berkomunikasi dalam menjelaskan kepada nasabah bisa menjadi lebih baik, mungkin perlu ilustrasi untuk beberapa penjelasan yang dikira sulit dipahami nasabah. Dan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat adalah menjadi dengan sponsor pada berbagai kegiatan masyarakat yang bernuansa islam agar mendorong terciptanya kepercayaan dari masyarakat terutama nasabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P20075
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Pelanggan, Kepercayaan, Religiusitas, Kualitas pelayanan, dan Citra Perusahaan.
Subjects: C > C793 Consumers
L > L331 Loyalty
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:24
Last Modified: 17 Feb 2022 03:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14316

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year