Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Layanan Kiriman Korporat PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama (KCU) Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19

PUTRI, Riana Amelia (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Layanan Kiriman Korporat PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama (KCU) Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Riana Amelia Putri-F1C018081-Skripsi-2022.pdf

Download (524kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Riana Amelia Putri-F1C018081-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Riana Amelia Putri-F1C018081-Skripsi-2022.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Riana Amelia Putri-F1C018081-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Riana Amelia Putri-F1C018081-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Riana Amelia Putri-F1C018081-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Riana Amelia Putri-F1C018081-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Riana Amelia Putri-F1C018081-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Riana Amelia Putri-F1C018081-Skripsi-2022.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Riana Amelia Putri-F1C018081-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Layanan Kiriman Korporat PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama (KCU) Yogyakarta pada Masa Pandemi COVID-19. penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya persaingan di bidang jasa ekspedisi membuat PT Pos Indonesia yang merupakan satu-satunya layanan jasa ekspedisi di bawah Kementerian BUMN semakin tersingkirkan. Padahal di sisi lain penggunaan layanan jasa ekspedisi meningkat seiring banyaknya transaksi melalui e-commerce. Penelitian ini bentuk penerapan dari strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia KCU Yogyakarta. Model SOSTAC dikembangkan oleh Paul R. Smith yang merupakan pengembangan dari Analisis SWOT. Model SOSTAC menganalisis bagaimana situasi, objektif, strategi, taktik, aksi, dan kontrol yang dilakukan dalam menyusun strategi komunikasi pemasaran. Tujuan model SOSTAC ini dapat mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam layanan kiriman korporat yang disusun oleh PT Pos Indonesia KCU Yogyakarta khususnya di bagian Penjualan Kurir dan Logistik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan teknik pemilihan informan purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data yang ada. Dan validitas data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini, strategi komunikasi pemasaran yang dianalisis dalam model SOSTAC. Situasi, PT Pos Indonesia yang merupakan perusahaan BUMN dengan menggunakan core value AKHLAK sebagai pedoman dan tujuan perusahaan yaitu “Membangun bangsa yang lebih berdaya saing dan sejahtera”. Objektif, menjadikan target yang diberikan oleh Regional IV untuk menyusun strategi komunikasi pemasaran. Strategi, mencari data instansi, lalu melakukan kunjungan serta penawaran dan apabila terjadi perjanjian kerjasama instansi tersebut akan mendapatkan fasilitas yang ditawarkan. Taktik yang digunakan adalah memberikan fasilitas pick up kiriman, pembayaran secara kredit, diskon ongkos kirim, packing kiriman, pemberian laporan terkait kiriman, dan layanan kiriman sesuai kebutuhan. Aksi, salah satunya penawaran kerjasama ke Universitas Teknologi Yogyakarta, pick up service kiriman ke Universitas Amikom Yogyakarta, packing kiriman KIA dari Disdukcapil Kota Yogyakarta, dan laporan retur kiriman COD ke Beauty In The Pot. Dan tahap kontrol adanya evaluasi dari Regional IV dan testimoni mitra. Faktor pendukung adalah adanya semangat diri sendiri serta ingin belajar, kerjasama dengan instansi ditingkat atas membuat instansi di bawahnya ikut melakukan kerjasama, serta penggunaan e-commerce meningkat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah PT Pos Indonesia dinilai masih konservatif, tidak inovatif, dan tidak berkembang. Keterlambatan membuat mitra kecewa dan belum masuknya PT Pos Indonesia di e-commerce.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi pemasaran, layanan kiriman korporat, PT Pos Indonesia KCU Yogyakarta
Subjects: C > C631 Communication
I > I260 Internet marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Riana Amelia Putri
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:34
Last Modified: 24 Feb 2022 01:34
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14635

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year