Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Semiotika Makna Kritik Sosial dalam Iklan Sampoerna Versi "Bukan Main"

LURIAWAN, Fatur (2022) Analisis Semiotika Makna Kritik Sosial dalam Iklan Sampoerna Versi "Bukan Main". Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fatur Luriawan-F1C016069-Skripsi-2022.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fatur Luriawan-F1C016069-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fatur Luriawan-F1C016069-Skripsi-2022.pdf

Download (564kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Fatur Luriawan-F1C016069-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Fatur Luriawan-F1C016069-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Fatur Luriawan-F1C016069-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Fatur Luriawan-F1C016069-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Fatur Luriawan-F1C016069-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fatur Luriawan-F1C016069-Skripsi.pdf

Download (706kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana iklan yang dihasilkan oleh perusahaan rokok Sampoerna dengan judul “Bukan Main”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis kritik sosial yang terkandung dalam iklan Sampoerna versi “Bukan Main”. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model penelitian semiotic. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi analisis teks, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teks yang dipilih dalam penelitian ini adalah iklan Sampoerna versi “Bukan Main”. Proses pengembangan validitas data yang dilakukan menggunakan Teknik Sembilan Formula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditelaah melalui tiga tanda yakni denotasi, konotasi, dan mitos, maka ditemukan beberapa fakta yakni bahwa iklan ini memiliki kurang lebih 13 adegan. Tiap-tiap adegan berhubungan dengan kehidupan masyarakat di masa modern seperti sekarang. Oleh karenanya diambil kesimpulan bahwa di iklan ini ditemukan makna yaitu kritik sosial. Kritik sosial sebagai salah satu bentuk komunikasi di dalam masyarakat yang berfungsi sebagai kontrol terhadap jalannya sebuah sistem sosial atau proses bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22090
Uncontrolled Keywords: Iklan Rokok, Semiotika, Kritik Sosial
Subjects: A > A74 Advertising
C > C970 Criticism
S > S210 Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Fatur Luriawan
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:16
Last Modified: 23 Feb 2022 01:16
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14678

Actions (login required)

View Item View Item