Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pembelajaran Daring, Peran Guru dan Peran Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Purwokerto

MAHARANI, maharani (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring, Peran Guru dan Peran Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Maharani-C1L017045-Skripsi-2022.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Maharani-C1L017045-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Maharani-C1L017045-Skripsi-2022.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Maharani-C1L017045-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Maharani-C1L017045-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Maharani-C1L017045-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Maharani-C1L017045-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Maharani-C1L017045-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Maharani-C1L017045-Skripsi-2022.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Maharani-C1L017045-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian asosiatif kausal dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring, peran guru dan peran orang tua terhadap minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Purwokerto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, ditetapkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 125 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa, peran guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa, dan peran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini yaitu upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa selama pembelajaran daring yaitu peran guru selama pembelajaran daring dengan memberikan perhatian, dukungan dna motivasi dapat meningkatkan minat belajar siswa, dengan begitu siswa merasa diperhatikan sedemikian rupa dan merasa yakin untuk selalu memulai kegiatan pembelajaran. Upaya lain yang dapat meningkatkan minat belajar yaitu dengan adanya peran orang tua karena peran orang tua selama belajar dirumah sangat penting karena semakin orang tua memberikan perhatian, dukungan dan semangat yang lebih dapat berpengaruh terhadap minat belajar dengan begitu juga siswa merasakan perhatian yang diberikan dan selalu ingat akan pesan dari orang tua. Kata Kunci: pembelajaran daring, peran guru, peran orang tua, minat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22083
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pembelajaran daring, peran guru, peran orang tua, minat belajar
Subjects: C > C716 Concept learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Maharani Maharani
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:06
Last Modified: 23 Feb 2022 07:06
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14706

Actions (login required)

View Item View Item