Preferensi Konsumen terhadap Perbaikan Kemasan dan Pemilihan Kebijakan Pemasaran Dodol Tape Sirsak “Ibu Nur”

BAIHAQI, Muhammad Ikhwan (2016) Preferensi Konsumen terhadap Perbaikan Kemasan dan Pemilihan Kebijakan Pemasaran Dodol Tape Sirsak “Ibu Nur”. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (952kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (976kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dodol tape sirsak “Ibu Nur” merupakan salah satu contoh jenis makanan tradisional unggulan Indonesia yang dapat dikonsumsi sebagai jajanan atau cemilan yang dikemas dengan kemasan plastik mika. Dodol tape sirsak saat ini masih dikemas dengan kemasan plastik dengan desain yang masih sangat sederhana dan kurang menarik serta kurang memberikan informasi mengenai produk kepada konsumen, serta wilayah pemasarannya masih berada di wilayah Banyumas dan sekitarnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka inovasi dalam hal perbaikan kemasan dan pemilihan kebijakan pemasaran dodol tape sirsak “Ibu Nur” sangat diperlukan agar produk dodol tape sirsak “Ibu Nur” ini dapat tetap bersaing dipasaran dengan berbagai jenis makanan yang lainnya, serta pemasarannya dapat lebih diperluas ke luar Banyumas bahkan sampai ekspor. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui preferensi konsumen terhadap jenis bahan dan bentuk kemasan; 2) Mengetahui preferensi konsumen terhadap desain label kemasan; 3) Mengetahui preferensi konsumen terhadap warna kemasan; 4) Mengetahui preferensi konsumen terhadap jenis dan ukuran kemasan serta harga jual produk; 5) Mengetahui preferensi konsumen terhadap tempat pembelian dodol tape sirsak super “Ibu Nur”; 6) Mengetahui preferensi konsumen terhadap media promosi dodol tape sirsak super “Ibu Nur”. Penelitian dilaksanakan di salah satu rumah produsen dodol tape sirsak “Ibu Nur” di Desa Lesmana, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, dan pengemasan dilakukan di Laboratorium Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, pada bulan Januari sampai dengan Mei 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan untuk memilih model kemasan baru dan kebijakan pemasaran. Responden ditentukan dengan metode accidental sampling. Responden berjumlah 40 responden. Variabel yang diamati yaitu preferensi konsumen terhadap jenis bahan dan bentuk, desain label, warna, jenis dan ukuran kemasan serta harga jual produk, tempat pembelian, dan media promosi dodol tape sirsak “Ibu Nur”. Hasil penelitian menunjukan bahwa stoples mika, desain label kemasan batik, warna kemasan hijau, adalah bahan dan bentuk kemasan, desain label kemasan, serta warna kemasan yang lebih disukai konsumen.. Harga berdasarkan jenis dan ukuran kemasan yang paling disukai konsumen yaitu stoples mika berat bersih 250 g dengan harga Rp 14.500. Tempat pembelian dodol tape sirsak “Ibu Nur” yang paling disukai konsumen yaitu toko oleh-oleh. Media promosi dodol tape sirsak “Ibu Nur” yang paling disukai konsumen yaitu brosur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16277
Uncontrolled Keywords: Konsumen, Kemasan, Pemasaran, Dodol Tape Sirsak
Subjects: F > F264 Food Packaging
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:15
Last Modified: 06 Apr 2022 07:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15427

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year