APRIYANTI, Nur Endah (2022) Students’ Perception towards The Use of Code Switching by The Teachers in Classroom Communication (A Study in Elementary Level of Communicative English for SMA Students at ELTI Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf Download (132kB) |
|
PDF (BabI)
BAB- I -Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 June 2023. Download (164kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II -Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 June 2023. Download (222kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 21 June 2023. Download (153kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf Download (119kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui alasan guru dalam menggunakan alih kode di dalam kelas dan mengetahui persepsi siswa terhadap hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua guru dan siswa program Communicative English for SMA Students level dasar di ELTI Purwokerto. Hanya ada dua kelas yang sedang berjalan, EL3.1 (1 guru, 5 siswa) dan EL3.2 (1 guru, 6 siswa). Secara keseluruhan, ada 2 guru dan 11 siswa yang menjadi populasi dan juga sampel. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pre-observasi, observasi dan rekaman, kuisioner, dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teori Mushtaq & Rabbani dan Walgito, dan disajikan melalui penjelasan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) guru menggunakan alih kode untuk membantu siswa dalam memahami topik yang sulit dengan mudah (21.1%), menjelaskan kata dan istilah yang sulit (10.5%), mengklarifikasi sesuatu (54.5%), dan membangun solidaritas dengan siswa (14%), (2) siswa menerima dengan baik penggunaan alih kode yang digunakan oleh guru karena dapat membantu mereka untuk memahami materi dengan mudah dengan mengetahui kosa kata baru, memahami tata bahasa dengan mudah, dan membuat komunikasi berjalan baik, namun mereka juga menginginkan guru untuk meminimalisasi penggunaan Bahasa Indonesia dalam bentuk alih kode.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J22103 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi kelas, alih kode guru, persepsi siswa |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs NUR ENDAH APRIYANTI |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 07:05 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 07:05 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16391 |
Actions (login required)
View Item |