Students’ Perception towards The Use of Code Switching by The Teachers in Classroom Communication (A Study in Elementary Level of Communicative English for SMA Students at ELTI Purwokerto)

APRIYANTI, Nur Endah (2022) Students’ Perception towards The Use of Code Switching by The Teachers in Classroom Communication (A Study in Elementary Level of Communicative English for SMA Students at ELTI Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (BabI)
BAB- I -Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2023.

Download (164kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II -Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2023.

Download (222kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2023.

Download (153kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nur Endah Apriyanti-J1E015006-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui alasan guru dalam menggunakan alih kode di dalam kelas dan mengetahui persepsi siswa terhadap hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua guru dan siswa program Communicative English for SMA Students level dasar di ELTI Purwokerto. Hanya ada dua kelas yang sedang berjalan, EL3.1 (1 guru, 5 siswa) dan EL3.2 (1 guru, 6 siswa). Secara keseluruhan, ada 2 guru dan 11 siswa yang menjadi populasi dan juga sampel. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pre-observasi, observasi dan rekaman, kuisioner, dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teori Mushtaq & Rabbani dan Walgito, dan disajikan melalui penjelasan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) guru menggunakan alih kode untuk membantu siswa dalam memahami topik yang sulit dengan mudah (21.1%), menjelaskan kata dan istilah yang sulit (10.5%), mengklarifikasi sesuatu (54.5%), dan membangun solidaritas dengan siswa (14%), (2) siswa menerima dengan baik penggunaan alih kode yang digunakan oleh guru karena dapat membantu mereka untuk memahami materi dengan mudah dengan mengetahui kosa kata baru, memahami tata bahasa dengan mudah, dan membuat komunikasi berjalan baik, namun mereka juga menginginkan guru untuk meminimalisasi penggunaan Bahasa Indonesia dalam bentuk alih kode.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J22103
Uncontrolled Keywords: Komunikasi kelas, alih kode guru, persepsi siswa
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs NUR ENDAH APRIYANTI
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:05
Last Modified: 24 Jun 2022 07:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16391

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year