NUGROHO, Pamungkas Napril Isro (2022) Analisis Pengaruh Manfaat Relasional Terhadap Loyalitas Nasabah Kredit dengan Kepuasan dan Rasa Percaya Sebagai Variabel Mediasi Pada BPR Sinararta Sejahtera. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-PAMUNGKAS NAPRIL-C2C020031-TESIS-2022.pdf Download (6MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-PAMUNGKAS NAPRIL-C2C020031-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-PAMUNGKAS NAPRIL-C2C020031-TESIS-2022.pdf Download (6MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-PAMUNGKAS NAPRIL-C2C020031-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2023. Download (6MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-PAMUNGKAS NAPRIL-C2C020031-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2023. Download (6MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-PAMUNGKAS NAPRIL-C2C020031-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 27 July 2023. Download (6MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-PAMUNGKAS NAPRIL-C2C020031-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-PAMUNGKAS NAPRIL-C2C020031-TESIS-2022.pdf Download (6MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-PAMUNGKAS NAPRIL-C2C020031-TESIS-2022.pdf Download (6MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-PAMUNGKAS NAPRIL-C2C020031-TESIS-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada BPR Sinararta Sejahtera, dengan judul: “Analisis Pengaruh Manfaat Relasional Terhadap Loyalitas Nasabah Kredit dengan Kepuasan dan Rasa Percaya Sebagai Variabel Mediasi Pada BPR Sinararta Sejahtera”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh manfaat relasional yang terdari manfaat rasa percaya, manfaat sosial, dan manfaat perlakuan istimewa terhadap loyalitas nasabah kredit melalui kepuasan dan rasa percaya dengan studi kasus pada BPR Sinararta Sejahtera. Alat analisis yang digunakan adalah PLS SEM dengan pendekatan Confirmatory Composite Analysis. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikesimpulkan bahwa manfaat relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah kredit BPR Sinararta Sejahtera; Manfaat relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasa percaya nasabah kredit BPR Sinararta Sejahtera; Rasa percaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah kredit BPR Sinararta Sejahtera; Kepuasan mampu memediasi secara parsial dimensi-dimensi manfaat relasional dengan loyalitas nasabah kredit BPR Sinararta Sejahtera; Rasa percaya mampu memediasi secara parsial dimensi-dimensi manfaat relasional dengan loyalitas nasabah kredit BPR Sinararta Sejahtera; dan manfaat rasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah kredit. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di BPR Sinararta Sejahtera memiliki hubungan yang baik dengan nasabahnya, pelayanan yang diberikan kepada nasabah berbeda dan lebih lengkap dari BPR yang lain, serta serta bunga kredit yang berbeda dan mampu meningkatkan loyalitasa nasabah. Oleh karena itu, semakin tinggi manfaat rasional maka akan semakin tinggi loyalitas nasabah kredit BPR Sinararta Sejahtera. Model struktural dalam penelitian ini sudah bisa dikatakan baik, dapat dilihat dari uji cofirmatory dan goodness-of-fit, akan tetapi sebaiknya penelitian terhadap loyalitas perlu menggali lebih banyak variabel maupun indikator-indikator yang digunakan. Penelitian mendatang juga dapat mempertimbangkan obyek penelitian yang akan digunakan bukan saja pada perbankan dapat dikembangkan pada organisasi lainnya. Kata kunci: manfaat relasional, loyalitas nasabah, kepuasan, rasa percaya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P222114 |
Uncontrolled Keywords: | Manfaat Relasional, Loyalitas Nasabah, Kepuasan, Rasa Percaya |
Subjects: | C > C1019 Customer relations L > L331 Loyalty |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mr Pamungkas Napril Isro Nugroho |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:21 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 07:21 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16803 |
Actions (login required)
View Item |