SULTONI, Aulia Larasati (2022) Applying the Total Physical Response Method in Teaching Vocabulary for Elementary School Students (an Explorative Research at Rumah Belajar Bantarkawung to 4th Grade Elementary School Students in Academic Year 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Aulia Larasati Sultoni-J1E016035-Skripsi-2022.pdf Download (314kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aulia Larasati Sultoni-J1E016035-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aulia Larasati Sultoni-J1E016035-Skripsi-2022.pdf Download (329kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Aulia Larasati Sultoni-J1E016035-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2023. Download (437kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Aulia Larasati Sultoni-J1E016035-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2023. Download (404kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Aulia Larasati Sultoni-J1E016035-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2023. Download (341kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Aulia Larasati Sultoni-J1E016035-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Aulia Larasati Sultoni-J1E016035-Skripsi-2022.pdf Download (217kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aulia Larasati Sultoni-J1E016035-Skripsi-2022.pdf Download (427kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aulia Larasati Sultoni-J1E016035-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perhatian umum dari penelitian ini adalah kosakata untuk siswa sekolah dasar dan perhatian utama dari penelitian ini adalah penerapan metode Total Physical Response dalam pengajaran kosakata untuk siswa kelas 4 sekolah dasar di Rumah Belajar Bantarkawung. Ini mengetahui kesulitan dalam penerapan metode Total Physical Response dalam pengajaran kosakata untuk siswa sekolah dasar. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, angket siswa dan wawancara guru. Observasi dan angket siswa digunakan untuk mengumpulkan data, sedangkan wawancara guru digunakan untuk memverifikasi data. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 30 siswa di Rumah Belajar Bantarkawung. Peneliti menggunakan teknik total sampling dalam melakukan penelitian ini. Peneliti menggunakan teknik triangulasi data untuk menganalisis data. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan observasi, angket, dan wawancara.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Penerapan metode Total Physical Response telah berhasil diterapkan pada kelas sampel penelitian. Metode Total Physical Response diterapkan oleh guru dalam mengajarkan kosakata pada siswa sekolah dasar di Rumah Belajar Bantarkawung. TPR cocok untuk mengajarkan kosakata kepada siswa SD. Siswa sangat antusias mengikuti proses belajar mengajar. Pada tahap implementasi, guru dan siswa melakukan secara sistematis mulai dari review, perintah baru, pembalikan peran, dan kegiatan membaca menulis. (2) Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa kesulitan yang terjadi dalam menerapkan TPR untuk pengajaran kosakata. Yang pertama adalah TPR hanya fokus pada pengajaran guru, sehingga hanya menumbuhkan keterampilan bahasa pasif bagi siswa. Kesulitan kedua, dalam menerapkan TPR guru dan siswa membutuhkan waktu yang lama untuk berlatih di kelas dengan fasilitas yang tidak lengkap untuk 30 siswa. Selain itu, guru juga menyampaikan bahwa penerapan metode untuk TPR banyak persiapan. Namun, TPR masih merupakan metode yang efektif dalam mengajar kosa kata untuk pelajar muda di tingkat sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa metode Total Physical Response telah berhasil diterapkan di kelas sampel penelitian dan TPR
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J22167 |
Uncontrolled Keywords: | Teaching Vocabulary, Total Physical Response (TPR), Young Learners |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching V > V103 Vocabulary |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs AULIA LARASATI SULTONI |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 02:02 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 02:02 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17280 |
Actions (login required)
View Item |