Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Evaluasi Kepuasan Pasien Desa Tayem terhadap Pelayanan Kefarmasian di Klinik Pratama Arra Kecamatan Karangpucung Cilacap

ANDRIYANINGSIH, Andriyaningsih (2022) Evaluasi Kepuasan Pasien Desa Tayem terhadap Pelayanan Kefarmasian di Klinik Pratama Arra Kecamatan Karangpucung Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf

Download (212kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf

Download (647kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2023.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf

Download (410kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dalam rangka meningkatkan outcome terapi dan meminimalkan risiko terjadinya efek samping obat. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang dirasakan. Kepuasan pasien tergantung pada performa nilai pelayanan kesehatan terhadap ekspektasi pelanggan. Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data dilakukan kepada 329 responden menggunakan teknik simple random sampling. Pengukuran kepuasan menggunakan kuesioner kepuasan dari Eshetu & Gedif (2010) yang diteliti kembali oleh Surur et al (2015). Data perbedaan karakteristik jenis kelamin dan status pekerjaan dianalisis dengan uji Mann-Whitney serta uji Kruskal-Wallis pada karakteristik usia dan pendidikan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kepuasan sebesar 3,08 yang termasuk dalam kategori puas. Hasil analisis kepuasan dengan masing-masing kelompok karakteristik berdasarkan perbedaan skor rata-rata kepuasan menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada kelompok karakteristik usia dengan nilai p=0,027 (p<0,05). Namun, tidak terdapat perbedaan bermakna pada kelompok karakteristik jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan dengan nilai p=0,931; p=0,556 dan p=0,908 (p>0,05). Kesimpulan: Responden merasa puas dengan pelayanan yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian di Klinik dan tidak ada perbedaan kepuasan pasien pada karakteristik jenis kelamin pendidikan dan pekerjaan, namun terdapat perbedaan pada karakteristik usia. Kata Kunci: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kefarmasian, Tenaga kefarmasian, Klinik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I22227
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kefarmasian, Tenaga kefarmasian, Klinik
Subjects: P > P200 Pharmacology
P > P630 Public health
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs Andriyaningsih Andriyaningsih
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:27
Last Modified: 02 Sep 2022 06:27
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18000

Actions (login required)

View Item View Item