ANDRIYANINGSIH, Andriyaningsih (2022) Evaluasi Kepuasan Pasien Desa Tayem terhadap Pelayanan Kefarmasian di Klinik Pratama Arra Kecamatan Karangpucung Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf Download (212kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf Download (647kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 2 September 2023. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 2 September 2023. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 2 September 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf Download (410kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Andriyaningsih-IC015109-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dalam rangka meningkatkan outcome terapi dan meminimalkan risiko terjadinya efek samping obat. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang dirasakan. Kepuasan pasien tergantung pada performa nilai pelayanan kesehatan terhadap ekspektasi pelanggan. Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data dilakukan kepada 329 responden menggunakan teknik simple random sampling. Pengukuran kepuasan menggunakan kuesioner kepuasan dari Eshetu & Gedif (2010) yang diteliti kembali oleh Surur et al (2015). Data perbedaan karakteristik jenis kelamin dan status pekerjaan dianalisis dengan uji Mann-Whitney serta uji Kruskal-Wallis pada karakteristik usia dan pendidikan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kepuasan sebesar 3,08 yang termasuk dalam kategori puas. Hasil analisis kepuasan dengan masing-masing kelompok karakteristik berdasarkan perbedaan skor rata-rata kepuasan menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada kelompok karakteristik usia dengan nilai p=0,027 (p<0,05). Namun, tidak terdapat perbedaan bermakna pada kelompok karakteristik jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan dengan nilai p=0,931; p=0,556 dan p=0,908 (p>0,05). Kesimpulan: Responden merasa puas dengan pelayanan yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian di Klinik dan tidak ada perbedaan kepuasan pasien pada karakteristik jenis kelamin pendidikan dan pekerjaan, namun terdapat perbedaan pada karakteristik usia. Kata Kunci: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kefarmasian, Tenaga kefarmasian, Klinik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I22227 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Kefarmasian, Tenaga kefarmasian, Klinik |
Subjects: | P > P200 Pharmacology P > P630 Public health |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi |
Depositing User: | Mrs Andriyaningsih Andriyaningsih |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 06:27 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 06:27 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18000 |
Actions (login required)
View Item |