Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pembelajaran Daring, Penggunaan Internet dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unsoed

PURWASIH, Inggit (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring, Penggunaan Internet dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unsoed. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Inggit Purwasih-C1L017017-Skripsi-2022.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Inggit Purwasih-C1L017017-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Inggit Purwasih-C1L017017-Skripsi-2022.pdf

Download (340kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Inggit Purwasih-C1L017017-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 November 2023.

Download (551kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Inggit Purwasih-C1L017017-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 November 2023.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Inggit Purwasih-C1L017017-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 November 2023.

Download (697kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Inggit Purwasih-C1L017017-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Inggit Purwasih-C1L017017-Skripsi-2022.pdf

Download (360kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Inggit Purwasih-C1L017017-Skripsi-2022.pdf

Download (513kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Inggit Purwasih-C1L017017-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unsoed. Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Pembelajaran Daring, Penggunaan Internet dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unsoed”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring, penggunaan internet, kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap minat belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi Unsoed angkatan 2018, 2019 dan 2020. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 107 responden. Teknik Proportional Stratified Random Sampling digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SPSS Statistics 23 menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran daring berpengaruh positif terhadap minat belajar, (2) Penggunaan internet berpengaruh positif terhadap minat belajar, (3) Kondisi sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh positif terhadap minat belajar. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu untuk meningkatkan minat belajar maka mahasiswa perlu memahami dan memanfaatkan aplikasi pembelajaran daring dengan berbagai macam fasilitas/fitur yang tersedia dengan baik. Mahasiswa juga harus dapat mengatur intensitas penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari yakni menggunakan internet secara bijak serta utamakan untuk mencari informasi dan wawasan tentang materi pembelajaran atau keperluan-keperluan penting lainnya yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Disisi lain, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa merasa minat belajar mereka tidak dipengaruhi oleh keadaan sosial ekonomi orang tua meskipun setiap mahasiswa memiliki kondisi sosial ekonomi yang baik atau sebaliknya, sehingga ada faktor lain yang memungkinkan mampu memberikan pengaruh lebih baik terhadap minat belajar selain kondisi sosial ekonomi seperti faktor internal (berasal dari diri sendiri) dan lain-lain. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Internet, Sosial Ekonomi, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22461
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Internet, Sosial Ekonomi, Minat Belajar
Subjects: C > C843 Cooperative learning
M > M567 Motivation Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Inggit Purwasih
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:05
Last Modified: 07 Nov 2022 01:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18478

Actions (login required)

View Item View Item