Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Inovasi Pelayanan Publik untuk Masyarakat Lanjut Usia dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Program Pustaka Santun Lansia di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas)

NOVITASARY, Nourma (2022) Inovasi Pelayanan Publik untuk Masyarakat Lanjut Usia dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Program Pustaka Santun Lansia di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nourma Novitasary-F1B018010-Skripsi-2022.pdf

Download (462kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nourma Novitasary-F1B018010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nourma Novitasary-F1B018010-Skripsi-2022.pdf

Download (433kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nourma Novitasary-F1B018010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2023.

Download (532kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nourma Novitasary-F1B018010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2023.

Download (520kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nourma Novitasary-F1B018010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2023.

Download (470kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nourma Novitasary-F1B018010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nourma Novitasary-F1B018010-Skripsi-2022.pdf

Download (434kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nourma Novitasary-F1B018010-Skripsi-2022.pdf

Download (458kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nourma Novitasary-F1B018010-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Inovasi merupakan suatu hal penting dalam sebuah organisasi yang memberikan pelayanan sektor publik. Dalam konteks administrasi publik, inovasi telah menjadi praktek nyata yang menjadikan pemerintah memiliki kinerja yang jauh lebih baik. Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah membuat terobosan baru dengan menciptakan inovasi pustaka santun lansia. Inovasi ini memberikan kesempatan pada lansia mendapatkan layanan publik perpustakaan untuk mengekspresikan lansia dengan bahan bacaan mengingat masih banyak lansia yang membutuhkan informasi lebih lengkap karena keterbatasan pemahaman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan inovasi pustaka santun lansia dalam meningkatkan pelayanan publik di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dan informasi dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada keberhasilan inovasi pustaka santun lansia melalui beberapa kriteria inovasi diantaranya: kebaruan, efektif, bermanfaat, transfer/replikasi, dan keberlanjutan. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pustaka santun lansia memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada kriteria kebaruan, inovasi pustaka santun lansia merupakan suatu penemuan baru serta menawarkan cara baru dalam melayani pemustaka lansia. Pada kriteria efektif, inovasi pustaka santun lansia dapat dikatakan belum efektif dilihat dari belum tercapainya tujuan untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat lansia. Pada kriteria bermanfaat, inovasi pustaka santun lansia sudah memberikan manfaat bagi masyarakat dan instansi yang menerapkannya. Pada kriteria transfer/replikasi, inovasi ini dapat dicontoh oleh instansi publik terutama yang berkaitan dengan bidang perpustakaan dan kearsipan. Pada kriteria keberlanjutan, inovasi pustaka santun lansia akan terus dilaksanakan karena mendapat dukungan dari instansi maupun pemustaka lansia yang merasakan kemudahan ketika memanfaatkan layanannya. Komitmen Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas untuk tetap mempertahankan inovasi pustaka santun lansia tertuang dalam visi Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas yaitu mewujudkan pelayanan prima di bidang arsip dan perpustakaan sebagai perekam dan penyedia informasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Hambatan dalam pelaksanaan inovasi pustaka santun lansia adalah pandemi Covid-19 yang membuat layanan bergerak pustaka santun lansia tidak dapat berjalan serta kurangnya sosialisasi sehingga masih banyak masyarakat lansia di Kabupaten Banyumas yang kurang mengetahui adanya inovasi pelayanan pustaka santun lansia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22356
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Lansia, dan Pustaka Santun Lansia
Subjects: E > E97 Elderly
L > L199 Library services
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Nourma Novitasary
Date Deposited: 09 Nov 2022 00:58
Last Modified: 09 Nov 2022 00:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item