FAHIRA, Annisa (2022) Analisis Determinasi Permintaan Konsumen terhadap Jasa Pesan Antar Makanan Online di Jakarta Barat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Annisa Fahira-C1A018084-Skripsi-2022.pdf Download (129kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Annisa Fahira-C1A018084-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Annisa Fahira-C1A018084-Skripsi-2022.pdf Download (143kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Annisa Fahira-C1A018084-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 23 December 2023. Download (265kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Annisa Fahira-C1A018084-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 23 December 2023. Download (293kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Annisa Fahira-C1A018084-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 23 December 2023. Download (300kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Annisa Fahira-C1A018084-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Annisa Fahira-C1A018084-Skripsi-2022.pdf Download (141kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Annisa Fahira-C1A018084-Skripsi-2022.pdf Download (218kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Annisa Fahira-C1A018084-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
Abstract
Perkembangan layanan pesan antar makanan online di Indonesia tumbuh pesat seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Layanan pesan antar makanan online di Indonesia saat ini menjadi salah satu kebiasaan yang tidak bisa terlepas dari keseharian masyarakat di Indonesia. Layanan tersebut dinilai praktis dan menghemat waktu untuk mendapatkan pesanan makanan yang diinginkan kapanpun dan dimanapun. Jakarta Barat merupakan salah satu economic demography yang membuat aktivitas perekonomian di wilayah tersebut tinggi sehingga bermunculan restoran, cafe, dan tempat makan yang menawarkan layanan pesan antar makanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh parsial, simultan dan pengaruh terbesar diantara harga, pendapatan, pendidikan, promosi, dan e-money terhadap permintaan layanan pesan antar makanan online tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini ditujukan kepada rumah tangga di Jakarta Barat dengan jumlah sampel 100 responden yang ditentukan melalui penentuan sampel Taro Yamane, dan tersebar di 5 wilayah dengan populasi penduduk terbesar yaitu Cengkareng, Kalideres, Kebon Jeruk, Kembangan, dan Tambora. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengujian – pengujian seperti uji asumsi klasik, uji hipotesis penelitian, dan uji elastisitas. Hasil penelitian menunjukkan harga, pendapatan, dan e-money masing –masing berpengaruh positif secara parsial terhadap permintaan jasa pesan antar makanan online di Jakarta Barat, sedangkan pendidikan dan promosi tidak berpengaruh secara parsial terhadap permintaan jasa pesan antar makanan online di Jakarta Barat. Harga, pendapatan, pendidikan, promosi, dan e-money bersama –sama mempengaruhi permintaan jasa pesan antar makanan online di Jakarta Barat secara simultan. Selain itu harga merupakan variabel yang paling mempengaruhi permintaan jasa pesan antar makanan online di Jakarta Barat. Implikasi dalam penelitian ini yaitu harga pada layanan pesan antar makanan online dikenakan biaya antar makanan, dan biaya beban aplikasi yang menambah harga makanan yang dipesan. Walau demikian, jumlah pengguna layanan tersebut terus meningkat dari waktu ke waktu. Sebaiknya pihak developer penyedia layanan pesan antar makanan online perlu meningkatkan fitur – fitur yang menunjang kepuasan konsumen dalam menggunakan layanan pesan antar makanan online tersebut. E-money pada layanan pesan antar makanan online seringkali mengalami masalah dan error yang kadang merepotkan penggunanya. Oleh karena itu sebaiknya pihak developer penyedia layanan pesan antar makanan online tidak hanya fitur – fitur utama saja yang dikembangkan, melainkan fitur pendukung dan daya dukung lainnya yang membuat konsumen puas dalam menggunakan layanan pesan antar makanan online tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C22563 |
Uncontrolled Keywords: | Jakarta Barat, Makanan, Permintaan, Pesan Antar Online, Regresi |
Subjects: | E > E167 Electronic commerce S > S230 Service industries |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan |
Depositing User: | Mrs FAHIRA Annisa |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 01:20 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 01:20 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19300 |
Actions (login required)
View Item |