MAULA, Nadia Ibnatu (2022) Pengaruh Pembelajaran Deduktif, Keaktifan Siswa dan Peran Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_NADIA IBNATU MAULA_C1L018019_SKRIPSI_2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_NADIA IBNATU MAULA_C1L018019_SKRIPSI_2022 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_NADIA IBNATU MAULA_C1L018019_SKRIPSI_2022 (1).pdf Download (3MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I_NADIA IBNATU MAULA_C1L018019_SKRIPSI_2022 (1).pdf Restricted to Repository staff only until 23 December 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II_NADIA IBNATU MAULA_C1L018019_SKRIPSI_2022 (1).pdf Restricted to Repository staff only until 23 December 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III_NADIA IBNATU MAULA_C1L018019_SKRIPSI_2022 (1).pdf Restricted to Repository staff only until 23 December 2023. Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV_NADIA IBNATU MAULA_C1L018019_SKRIPSI_2022 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V_NADIA IBNATU MAULA_C1L018019_SKRIPSI_2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_NADIA IBNATU MAULA_C1L018019_SKRIPSI_2022.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_NADIA IBNATU MAULA_C1L018019_SKRIPSI_2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh pembelajaran deduktif, keaktifan siswa, dan peran guru terhadap efektivitas pembelajaran ekonomi X IPS SMA Negeri 3 Purwokerto. Untuk populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Purwokerto yang berjumlah (180 siswa). Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, ditetapkan sampel dalam penelitian sebanyak 125 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pembelajaran deduktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran online, 2) Keaktifan siswa tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajan online, 3) Peran guru terdapat pengaruh positif dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, implikasi adalah: 1) Guru dapat mengadopsi pembelajaran deduktif dengan berbagai modifikasi agar pembelajaran yang dilakukan secara online dapat efektif, 2) peserta didik masih berusaha untuk mencatat setiap materi pada pelajaran ekonomi yang disampaikan oleh guru. Sebagian peserta didik juga berusaha dengan mencari materi tambahan melalui internet, dan menyelesaikan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya, 3) Sebagai fasilitator, guru harus memiliki kompetensi dalam segala aspek, baik melalui penyampaian materi, pemilihan metode dan media pembelajaran, serta pengelolaan pembelajaran secara online.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C22556 |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Deduktif, Keaktifan Siswa, Peran Guru, Efektivitas Pembelajaran Online |
Subjects: | I > I258 Internet in education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs NADIA IBNATU MAULA NADIA IBNATU MAULA |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 08:31 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 08:31 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19308 |
Actions (login required)
View Item |