ARDANSYAH, Marsya Bunga Dis (2023) Profil Strategi Belajar SRL Komponen Kognitif Dalam Mempersiapkan Ujian SOCA Selama Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Marsya Bunga Dis Ardansyah-G1A019017-Skripsi-2023.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Marsya Bunga Dis Ardansyah-G1A019017-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Marsya Bunga Dis Ardansyah-G1A091017-Skripsi-2023.pdf Download (259kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Marsya Bunga Dis Ardansyah-G1A019017-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Marsya Bunga Dis Ardansyah-G1A019017-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Marsya Bunga Dis Ardansyah-G1A019017-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Marsya Bunga Dis Ardansyah-G1A019017-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Marsya Bunga Dis Ardansyah-G1A019017-Skripsi-2023.pdf Download (249kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Marsya Bunga Dis Ardansyah-G1A019017-Skripsi-2023.pdf Download (252kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Marsya Bunga Dis Ardansyah-G1A019017-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: SOCA merupakan metode assessment yang menguji kemampuan berpikir kritis, penalaran klinis, dan komunikasi mahasiswa. Strategi belajar SRL (self-regulated learning) komponen kognitif berguna selama pemrosesan dan penyimpanan informasi dalam mempersiapkan ujian SOCA. SRL dipengaruhi faktor presage berupa perubahan lingkungan belajar. Proses pembelajaran mengalami perubahan yang semula daring penuh menjadi PTMT selama pandemi COVID-19. Perubahan lingkungan berperan penting dalam mempersiapkan ujian SOCA, sehingga profil mengenai proses belajar ini penting untuk dijadikan bahan pemantauan dan evaluasi institusi dalam pembuatan kebijakan, serta menjadi bahan evaluasi diri bagi responden. Tujuan: Untuk mengetahui profil strategi belajar SRL komponen kognitif dalam mempersiapkan ujian SOCA pada mahasiswa FK Unsoed Angkatan 2019, 2020, dan 2021 selama masa PTMT. Metode: Penelitian deskriptif observasional kuantitatif ini menggunakan data primer hasil pengisian kuesioner “Strategi Belajar SRL Dalam Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas” oleh 199 responden mahasiswa Angkatan 2019, 2020, dan 2021”. Hasil analisis univariat disajikan dalam tabel dan diagram distribusi frekuensi berdasarkan sub komponen strategi belajar dan frekuensi penerapannya.. Hasil: Sebagian besar (70,35%) responden ialah wanita dengan rerata usia ialah 19,6 tahun. Ditemukan bahwa sebagian besar mahasiswa pada tiap angkatan dan keseluruhan responden selalu menerapkan strategi belajar rehearsal, serta cukup sering menerapkan strategi belajar elaboration, organizing, dan critical thinking dalam mempersiapkan ujian SOCA selama masa PTMT. Responden juga menambahkan strategi pembelajaran lain selain yang tercantum dalam kuesioner. Kesimpulan: Profil strategi belajar SRL komponen komponen kognitif dalam mempersiapkan ujian SOCA pada mahasiswa FK Unsoed telah didapatkan dan dapat dimanfaatkan sebagai hasil evaluasi kurikulum selama masa PTMT.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G23027 |
Uncontrolled Keywords: | daring, kognitif, PTMT, SOCA, strategi belajar |
Subjects: | C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mrs MARSYA BUNGA DIS ARDANSYAH |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 06:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 06:40 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19736 |
Actions (login required)
View Item |