Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Keterampilan Menulis Peserta Didik Kelas VII SMP/Mts

AMELIA, Dinda (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Keterampilan Menulis Peserta Didik Kelas VII SMP/Mts. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (BabI)
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2024.

Download (126kB)
[img] PDF (BabII)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2024.

Download (316kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2024.

Download (425kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB 5.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Legalitas)
BISMI-3-13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik kelas VII SMP/MTS. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini karena kurangnya pemanfaatan telepon genggam yang kurang tepat dan kurang terfasilitasinya variasi perangkat pembelajaran berbasis multimedia. Bentuk penelitian ini adalah desain and development (D&D). Data dalam penelitian ini berupa data analisis kebutuhan, data hasil uji validasi, dan data hasil uji coba produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan mix methode (kualitatif dan kuantitatif). Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) pengembangan perangkat pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Smart Apps Creator (SAC) sebagai alternatif pembelajaran yang menarik; (2) tingkat kevalidan perangkat pembelajaran yang dihasilkan mendapatkan nilai 0,6 -0,9 yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba produk menunjukan bahwa perangkat pembelajaran mendapatkan respons yang baik dari peserta didik dan guru. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan pada kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J23041
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, multimedia, keterampilan menulis
Subjects: T > T62 Technical writing
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs AMELIA Dinda
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:14
Last Modified: 21 Feb 2023 08:14
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20211

Actions (login required)

View Item View Item