Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Dayeuhluhur

AMANAH, Yosa Meira (2023) Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Dayeuhluhur. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-YOSA MEIRA AMANAH-C1L019023-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-YOSA MEIRA AMANAH-C1L019023-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-YOSA MEIRA AMANAH-C1L019023-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-YOSA MEIRA AMANAH-C1L019023-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-YOSA MEIRA AMANAH-C1L019023-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-YOSA MEIRA AMANAH-C1L019023-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-YOSA MEIRA AMANAH-C1L019023-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-YOSA MEIRA AMANAH-C1L019023-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-YOSA MEIRA AMANAH-C1L019023-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-YOSA MEIRA AMANAH-C1L019023-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilakukan terhadap peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Dayeuhluhur. Penelitian ini berjudul: “Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Dayeuhluhur”. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya kelas XI pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran e-modul dengan peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional, pengaruh media pembelajaran e-modul terhadap hasil belajar, dan pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu, Quasy Experimental Design dengan Non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 71 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh menunjukkan pertama, terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran e-modul dengan peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Kedua, media pembelajaran e-modul berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran ekonomi. Ketiga, kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan kenyamanan dan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan memberikan media pembelajaran e-modul. Sekolah dapat memberikan mendorong untuk guru terkait penggunaan media pembelajaran e-modul. Peserta didik dapat meningkatkan sikap kemandirian belajar melalui pembiasaan diri untuk proses pembelajaran yang dilakukan secara teratur. SUMMARY This research is a quantitative research with an experimental method conducted on class XI students at SMA Negeri 1 Dayeuhluhur. This study entitled: "The Influence of E-Module Learning Media and Learning Independence on Learning Outcomes in Economics Subjects in Class XI Students of SMA Negeri 1 Dayeuhluhur". This research was conducted in the 2022/2023 academic year. The background of this research is the low learning outcomes of students, especially class XI in economics subjects. The purpose of this study was to determine differences in learning outcomes between students using e-module learning media and students using conventional learning media, the effect of e-module learning media on learning outcomes, and the effect of independent learning on learning outcomes. The research method used is,Quasy Experimental Designwith Non-equivalent control group design. The sample in this study was 71 respondents with a sampling techniquepurposive sampling. Based on the results of the research and analysis of the data obtained, the first shows that there are differences in learning outcomes between students who use e-module learning media and students who use conventional learning media. Second, the e-module learning media influences the learning outcomes of class XI students in economics subjects. Third, independent learning affects student learning outcomes. The implication of this research is that teachers can optimize the implementation of learning by providing comfort and a pleasant learning atmosphere by providing e-module learning media. Schools can provide encouragement for teachers regarding the use of e-module learning media. Learners can improve the attitude of independent learning through habituation to the learning process which is carried out regularly. Keywords: E-Module Learning Media, Independent Learning, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23143
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran E-Modul, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: C > C716 Concept learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs YOSA MEIRA AMANAH
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:54
Last Modified: 10 Apr 2023 02:54
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20770

Actions (login required)

View Item View Item