Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kesadaran Diri , Manajemen Diri dan Keteladanan Guru terhadap Disiplin Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 5 Purwokerto

ISTIQOMAH, Anggit Suci (2023) Pengaruh Kesadaran Diri , Manajemen Diri dan Keteladanan Guru terhadap Disiplin Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 5 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Anggit Suci Istiqomah-C1L019028.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anggit Suci Istiqomah-C1L019028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anggit Suci Istiqomah-C1L019028.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Anggit Suci Istiqomah-C1L019028.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Anggit Suci Istiqomah-C1L019028.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Anggit Suci Istiqomah-C1L019028.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Anggit Suci Istiqomah-C1L019028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Anggit Suci Istiqomah-C1L019028.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anggit Suci Istiqomah-C1L019028.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anggit Suci Istiqomah-C1L019028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei yang dilaksanakan pada peserta didik SMAN 5 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran diri, manajemen diri dan keteladanan guru terhadap disiplin belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 5 Purwokerto. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMAN 5 Purwokerto yang berjumlah 108 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 86 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden. Data kuesioner yang didapatkan terlebih dahulu ditransformasikan menjadi data interval dengan menggunakan Method of Successive Interval (MSI). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kesadaran diri berpengaruh positif terhadap disiplin belajar. Adanya kesadaran diri yang baik pada peserta didik akan meningkatkan perilaku disiplin belajar peserta didik. (2) Manajemen diri berpengaruh positif terhadap disiplin belajar. Semakin baik manajemen diri yang dimiliki oleh peserta didik maka akan semakin baik juga perilaku disiplin belajar pada peserta didik. (3) keteladanan guru berpengaruh positif terhadap disiplin belajar. Semakin baik keteladanan guru maka akan semakin baik disiplin belajar peserta didik. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu peserta didik dapat meningkatkan disiplin belajar melalui adanya pemahaman akan pentingnya kesadaran diri yang merupakan awal terbentuknya perilaku disiplin dalam belajar dan kemampuan mengelola diri yang mengarahkan segala tingkah lakunya ke arah yang lebih baik. Guru dapat meningkatkan sikap disiplin belajar peserta didik melalui pemberian keteladanan yang baik dari guru, dengan pemberian contoh yang baik maka akan berdampak baik pada kualitas disiplin peserta didik dalam belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23265
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Diri, Manajemen Diri, Keteladanan Guru, Disiplin belajar
Subjects: M > M35 Management
S > S186 Self
S > S775 Study skills
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. ISTIQOMAH Anggit Suci
Date Deposited: 05 Jul 2023 06:43
Last Modified: 05 Jul 2023 06:43
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21802

Actions (login required)

View Item View Item