Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Resepsi Penggunaan Pesan “Self-Healing” dan “Staycation” Dalam Iklan Brand Traveloka Versi Staycation Hemat

FUTURA, Angela (2023) Analisis Resepsi Penggunaan Pesan “Self-Healing” dan “Staycation” Dalam Iklan Brand Traveloka Versi Staycation Hemat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Angela Futura-F1C019039-Skripsi-2023.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Angela Futura-F1C019039-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Angela Futura-F1C019039-Skripsi-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Angela Futura-F1C019039-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 July 2024.

Download (9MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Angela Futura-F1C019039-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 July 2024.

Download (21MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Angela Futura-F1C019039-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 July 2024.

Download (8MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Angela Futura-F1C019039-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Angela Futura-F1C019039-Skripsi-2023.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Angela Futura-F1C019039-Skripsi-2023.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Angela Futura-F1C019039-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)

Abstract

Traveloka merupakan salah satu Agen Pariwisata Online yang ada dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Agen Pariwisata Online adalah bisnis yang berupa pelayanan jasa pemesanan sarana dan pengurusan dokumen perjalanan. Salah satu promosi yang sering diposting oleh Traveloka dalam akun media sosialnya adalah iklan promosi Staycation Hemat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui resepsi masyarakat terhadap video dan postingan iklan yang ditayangkan oleh Traveloka dengan menggunakan istilah Self-Healing dan Staycation. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dan metode pengumpulan data berupa wawancara dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan wawancarai tiga generasi berbeda yaitu generasi X, generasi Y, dan generasi Z untuk menampilkan beragam persepsi terhadap iklan Staycation Hemat Traveloka. Hasil penelitian dari resepsi penggunaan pesan self-healing dan staycation dalam iklan Brand Traveloka versi Staycation Hemat menunjukkan tiga pembacaan teks yang berbeda yaitu hegemonic reading, negotiated reading, dan oppositional reading. Kebanyakan informan tidak menerima isi pesan sepenuhnya dan memodifikasi pesannya sehingga mencerminkan posisi dan minat-minat pribadi. Beberapa menolak isi pesan sepenuhnya dan satu informan menerima isi pesan sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23191
Uncontrolled Keywords: Agen Pariwisata Online, Traveloka, Analisis Resepsi
Subjects: A > A74 Advertising
C > C1009 Cultural tourism
T > T289 Travel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs. FUTURA Angela
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:31
Last Modified: 06 Jul 2023 01:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21808

Actions (login required)

View Item View Item