ANJARWATI, Retno Sri (2023) Pengaruh Pemberian Reinforcement, Interaksi Edukatif, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Retno Sri Anjarwati-C1L019026-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Retno Sri Anjarwati-C1L019026-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Retno Sri Anjarwati-C1L019026-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Retno Sri Anjarwati-C1L019026-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 12 July 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Retno Sri Anjarwati-C1L019026-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 12 July 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Retno Sri Anjarwati-C1L019026-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 14 July 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Retno Sri Anjarwati-C1L019026-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Retno Sri Anjarwati-C1L019026-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Retno Sri Anjarwati-C1L019026-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Retno Sri Anjarwati-C1L019026-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh menggunakan kuesioner melalui google form. Populasi penelitian berjumlah 108 siswa dengan sampel berjumlah 86 responden yang diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, koefisien determinasi, uji statistik F, dan uji statistik t. Data kuesioner yang telah diperoleh ditransformasikan dari data ordinal menjadi data interval menggunakan Method of Successive Intervals (MSI). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pertama, pemberian reinforcement berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa berarti semakin baik pemberian reinforcement yang dilaksanakan, maka hasil belajar siswa akan meningkat. Kedua interaksi edukatif berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang mengartikan bahwa semakin baik interaksi edukatif siswa, maka hasil belajar siswa akan meningkat. Ketiga, kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa sehingga semakin tinggi kemandirian belajar siswa, maka hasil belajar siswa akan meningkat. Implikasi dalam penelitian ini yaitu guru dapat menerapkan pemberian reinforcement positif dan menerapkan interaksi edukatif secara merata terhadap seluruh siswa agar siswa lebih bisa bersemangat dalam mengikuti setiap proses kegitan pembelajaran. Pihak sekolah mendukung guru dalam proses mengaplikasikan reinforcement dan interaksi edukatif ketika proses belajar mengajar. Siswa membiasakan sikap kemandirian dalam belajar seperti kontinuitas dalam belajar, inisiatif belajar, bertanggung jawab dan kesadaran akan tujuan belajar. Sekolah mendukung program guru, guru dan siswa menerapkan ketiga hal tersebut secara bersama-sama maka akan menciptakan hasil belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C23273 |
Uncontrolled Keywords: | Pemberian Reinforcement, Interaksi Edukatif, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. ANJARWATI Retno Sri |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 03:20 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 03:20 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21850 |
Actions (login required)
View Item |