FATHARANI, Layalia Azka (2019) Perbandingan Rerata Nilai Ujian Pilihan Ganda Semester Pertama Mahasiswa FK Unsoed Berdasarkan Kesesuaian Gaya Belajar dan Kebiasaan Belajar Model VARK. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Layalia Azka Fatharani-G1A015117-skripsi-2018.pdf Download (690kB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Layalia Azka Fatharani-G1A015117-skripsi-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Layalia Azka Fatharani-G1A015117-skripsi-2018.pdf Download (686kB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB I-Layalia Azka Fatharani-G1A015117-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 20 July 2024. Download (921kB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB II-Layalia Azka Fatharani-G1A015117-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 20 July 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB III-Layalia Azka Fatharani-G1A015117-skripsi-2018.pdf Restricted to Repository staff only until 20 July 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV-Layalia Azka Fatharani-G1A015117-skripsi-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB V-Layalia Azka Fatharani-G1A015117-skripsi-2018.pdf Download (685kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Layalia Azka Fatharani-G1A015117-skripsi-2018.pdf Download (939kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Layalia Azka Fatharani-G1A015117-skripsi-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kesesuaian antara gaya belajar dan kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Adanya kesesuaian tersebut bisa didapatkan dengan mencocokan hasil kuesioner gaya belajar dan kebiasaan belajar berdasarkan model VARK. Hasil belajar yang dapat diperbandingkan adalah hasil ujian tulis pilihan ganda yang merupakan komponen terbesar penentu kelulusan Blok. Tujuan: Untuk mengetahui adanya perbedaan bermakna dalam rerata nilai ujian tulis pilihan ganda berdasarkan kesesuaian antara gaya belajar dengan kebiasaan belajar model VARK pada mahasiswa Jurusan Kedokteran FK Unsoed Angkatan 2017. Metode: Observasional analitik belah lintang, dilaksanakan pada 23 mahasiswa yang didapat secara random sampling. Kuesioner gaya belajar merupakan kuesioner VARK versi 7.1 dan kuesioner kebiasaan belajar merupakan hasil konstruksi peneliti. Data nilai ujian tulis pilihan ganda diperoleh dari database akademik FK Unsoed. Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil: Mayoritas subjek memiliki gaya belajar multimodal VARK (47,8%), kebiasaan belajar VR, VK, dan AR (masing-masing 17,4%), dan rerata nilai ujian tulis pilihan ganda pada rentang nilai C (34,8%), dengan rerata nilai pada kelompok gaya belajar sesuai kebiasaan belajar (60,26) lebih tinggi daripada kelompok tidak sesuai (58,91) (p=0,648). Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan bermakna dalam rerata nilai ujian tulis pilihan ganda semester 1antara kedua kelompok yang diamati .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G19030 |
Uncontrolled Keywords: | gaya belajar, kebiasaan belajar, kesesuaian, nilai ujian tulis pilihan ganda, VARK |
Subjects: | C > C716 Concept learning P > P142 Performance |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 01:34 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 01:34 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21937 |
Actions (login required)
View Item |