Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) dan Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Baturraden

MAULANA, Tria Merry (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share (TPS) dan Keaktifan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Baturraden. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Tria Merry Maulana-C1L019009-Skripsi-2023.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tria Merry Maulana-C1L019009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tria Merry Maulana-C1L019009-Skripsi-2023.pdf

Download (228kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Tria Merry Maulana-C1L019009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2024.

Download (254kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Tria Merry Maulana-C1L019009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2024.

Download (293kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Tria Merry Maulana-C1L019009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2024.

Download (307kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Tria Merry Maulana-C1L019009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Tria Merry Maulana-C1L019009-Skripsi-2023.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTA PUSTAKA-Tria Merry Maulana-C1L019009-Skripsi-2023.pdf

Download (245kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tria Merry Maulana-C1L019009-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilakukan terhadap siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baturraden. Penelitian ini berjudul: “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Baturraden”. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya kelas XI pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh model pembelajaran tipe think pair share (TPS) dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Baturraden. Metode penelitian yang digunakan yaitu adalah Quasy Experimental Design dengan Non-equivalent control group design yang pada prosesnya menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa yang merupakan jumlah keseluruhan siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Baturraden. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling dimana untuk menentukan sampel didasarkan atas kriteria-kriteria tertentu yang sudah ditentukan oleh peneliti. Oleh karena itu sampel dalam penelitian ini diperoleh 71 responden yang terdiri dari siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe think pair share dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional metode ceramah. Kedua terdapat pengaruh positif model pembelajaran tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Baturraden. Ketiga terdapat pengaruh positif keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Baturraden. Keempat terdapat pengaruh positif model pembelajaran tipe think pair share dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Baturraden. Implikasi dari penelitian ini adalah siswa diharapkan dapat meningkatkan sikap keaktifan belajar sehingga suasana kelas dapat hidup dan menyenangkan dengan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Guru dan sekolah dapat mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran tipe think pair share sebagai bagian upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23334
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share, Keaktifan Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. MAULANA Tria Merry
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:06
Last Modified: 02 Aug 2023 07:06
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22214

Actions (login required)

View Item View Item