Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Dekorasi Interior Sebagai Media Komunikasi Antara Owner Dengan Pengunjung di Waroenk Ora Umum Purwokerto

DAMAYANTI, Rossita Faradilla (2017) Dekorasi Interior Sebagai Media Komunikasi Antara Owner Dengan Pengunjung di Waroenk Ora Umum Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrrak)
Abstrak_1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] PDF (Bab I)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)

Abstract

Manusia pada dasarnya memiliki naluri senang terhadap sesuatu yang indah. Keindahan tersebut salah satunya muncul pada tampilan dekorasi interior di dalam kafe. Dekorasi interior merupakan bagian dari daya tarik bangunan kafe yang mendapat perhatian dari para pengunjung karena keberadaannya saat ini dapat memenuhi rasa kenyamanan pada diri setiap individu. Berkaitan dengan penelitian ini dekorasi interior merupakan salah satu bentuk yang menjadi daya tarik perhatian pengunjung karena didalamnya juga memuat asupan visual yang dapat dilihat dan dipandang menarik oleh mata. Dekorasi dalam penelitian ini tidak hanya menjadi konsumsi mata saja namun keberadaannya juga dapat menjadi salah satu bentuk media komunikasi visual karena pengunjung dapat memiliki persepsi yang berbeda mengenai tampilan dekorasi interior tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana sebuah dekorasi interior dapat menjadi media komunikasi visual serta untuk mengetahui bagaimana pengunjung dapat memaknai dekorasi interior tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan komunikasi visual. Lokasi penelitian dilakukan di Waroenk Ora Umum Purwokerto. Sedangkan data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian hasil data yang diperoleh dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini keberadaan dekorasi interior selalu menghadirkan tanda-tanda yang digunakan sebagai bentuk penyampaian pesan. Dalam penelitian ini tanda-tanda tersebut tertuang pada tampilan aksesoris serta elemen pembentuk ruang yang terdapat pada Waroenk Ora Umum. Masing-masing kategori tersebut didalamnya terdapat visualisasi simbol, warna, dan teks/typografi yang memperkuat adanya pesan yang ingin disampaikan oleh owner kepada pengunjung. Maka dari itu, melalui tanda-tandanya pula pengunjung pun dapat memaknai dekorasi interior secara berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17025
Uncontrolled Keywords: Dekorasi interior, komunikasi visual, persepsi
Subjects: I > I217 Interior design
M > M37 Management Marketing Selling
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:29
Last Modified: 26 Jan 2022 08:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item View Item