Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Lingkungan Belajar, Gaya Mengajar Dosen, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

DESAMARA, Omeda (2023) Pengaruh Lingkungan Belajar, Gaya Mengajar Dosen, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-OMEDA DESAMARA-C1L016040-SKRIPSI-2023.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-OMEDA DESAMARA-C1L016040-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-OMEDA DESAMARA-C1L016040-SKRIPSI-2023.pdf

Download (380kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-OMEDA DESAMARA-C1L016040-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (445kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-OMEDA DESAMARA-C1L016040-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (368kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-OMEDA DESAMARA-C1L016040-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (757kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-OMEDA DESAMARA-C1L016040-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-OMEDA DESAMARA-C1L016040-SKRIPSI-2023.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-OMEDA DESAMARA-C1L016040-SKRIPSI-2023.pdf

Download (319kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-OMEDA DESAMARA-C1L016040-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman telah memiliki prestasi belajar yang baik selama mengikuti perkuliahan, dengan menggunakan variabel lingkungan belajar, gaya mengajar dosen, dan motivasi belajar sebagai variabel berikat. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey eksplanatori dengan metode deskriptif kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman tahun angkatan 2019, 2020, 2021 yang berjumlah 139 mahasiswa dengan sampel berjumlah 103 mahasiswa yang dihitung dengan teknik Purposive Random Sampling. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan Belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman; (2) Gaya Mengajar Dosen berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman; (3) Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, hal pertama yang dapat direalisasikan oleh Universitas yaitu dengan meningkatkan kualitas lingkungan belajar dan melengkapi fasilitas belajar yang dibutuhkan sehingga mahasiswa dapat melaksanakan proses perkuliahan dengan baik. Upaya yang kedua yaitu terus meningkatkan standar kompetensi dosen agar dapat memberikan kualitas pengajaran yang baik guna meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Bagi orang tua maupun para dosen yang bersentuhan langsung dengan mahasiswa, untuk tetap terus memberikan dorongan dan apresiasi guna meningkatkan motivasi belajar mahasiswa agar lebih semangat dalam proses perkuliahan, menggapai cita-citanya, dan mencapai kelulusan dari status mahasiwa Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23380
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Gaya Mengajar Dosen, dan Motivasi Belajar
Subjects: C > C716 Concept learning
M > M567 Motivation Psychology
P > P142 Performance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs OMEDA DESAMARA
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:14
Last Modified: 21 Aug 2023 07:14
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22818

Actions (login required)

View Item View Item