Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kecerdasan Emosional, Self-Regulated Learning, dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Patikraja

LESTARI, Meka Dwi (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Self-Regulated Learning, dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Patikraja. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Meka Dwi Lestari-C1L019007-Skripsi-2023.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Meka Dwi Lestari-C1L019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Meka Dwi Lestari-C1L019007-Skripsi-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Meka Dwi Lestari-C1L019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Meka Dwi Lestari-C1L019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Meka Dwi Lestari-C1L019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 September 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Meka Dwi Lestari-C1L019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Meka Dwi Lestari-C1L019007-Skripsi-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Meka Dwi Lestari-C1L019007-Skripsi-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Meka Dwi Lestari-C1L019007-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar ekonomi XI IPS khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini dikarenakan siswa yang kurang mampu mengontrol emosi, meluangkan waktu belajar, dan ketidaksiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang dilakukan terhadap peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Patikraja. Penelitian ini berjudul: “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Self-Regulated Learning, dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Patikraja”. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, self-regulated learning, dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner tertutup. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Patikraja dengan total 107 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 84 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa pertama, kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dikarenakan sistem kurikulum yang diterapkan lebih berorientasi pada kecerdasan intelektual. Kedua, self-regulated learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar dikarenakan siswa yang mampu menerapkan self-regulated learning dapat mengelola kebutuhan belajar secara mandiri. Ketiga, aktivitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar dikarenakan aktivitas belajar akan memberikan pengalaman secara langsung sehingga hasil belajar yang diperoleh dapat optimal. Implikasi dari penelitian ini siswa dapat meningkatkan pengembangan kecerdasan emosional dengan mengikuti kegiatan positif seperti ektrakurikuler dan organisasi. Siswa dapat meningkatkan self-regulated learning dengan menetapkan tujuan dan merencanakan pembelajaran, merespon pembelajaran dan kegiatan, mengevaluasi diri, serta mampu memilih dan menciptakan kondisi lingkungan untuk mempermudah belajar. Siswa dapat menumbuhkan sikap positif dan meningkatkan aktivitas belajarnya agar hasil belajar yang diperoleh optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23454
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Self-Regulated Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: A > A19 Academic achievement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. Meka Dwi Lestari
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:31
Last Modified: 22 Sep 2023 06:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23753

Actions (login required)

View Item View Item