Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Baturraden

HIDAYAH, Nabila Nur (2023) Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Baturraden. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nabila Nur Hidayah-C1L019003-Skripsi-2023.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nabila Nur Hidayah-C1L019003-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nabila Nur Hidayah-C1L019003-Skripsi-2023.pdf

Download (397kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Nabila Nur Hidayah-C1L019003-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 October 2024.

Download (517kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Nabila Nur Hidayah-C1L019003-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 October 2024.

Download (608kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Nabila Nur Hidayah-C1L019003-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 October 2024.

Download (728kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Nabila Nur Hidayah-C1L019003-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Nabila Nur Hidayah-C1L019003-Skripsi-2023.pdf

Download (395kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nabila Nur Hidayah-C1L019003-Skripsi-2023.pdf

Download (557kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nabila Nur Hidayah-C1L019003-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design terhadap siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Baturraden. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Baturraden. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Data yang digunakan dalam penelitian berupa nilai pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 141 siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Baturraden. Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 menggunakan teknik purposive sampling yakni menggunakan kriteria tertentu dalam menentukan sampel. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional berarti penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa (2) terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada kelas eksperimen berarti penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini yaitu: guru dan sekolah diharapkan dapat memperhatikan kegiatan belajar mengajar dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung menyenangkan dan siswa lebih termotivasi untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23480
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Hasil Belajar
Subjects: L > L89 Learning and scholarship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. Nabila Nur Hidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 00:50
Last Modified: 27 Oct 2023 08:12
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23975

Actions (login required)

View Item View Item