Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Modal Usaha, Tenaga Kerja, Legalitas Usaha, Pendidikan, Lama Usaha, Kemasan Produk dan E-Marketing Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Makanan Kering di Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas

PANGESTU, Akbar Ilham Adi (2023) Pengaruh Modal Usaha, Tenaga Kerja, Legalitas Usaha, Pendidikan, Lama Usaha, Kemasan Produk dan E-Marketing Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Makanan Kering di Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Akbar Ilham Adi Pangestu-C1A019078-Skripsi-2023.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Akbar Ilham Adi Pangestu-C1A019078-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Akbar Ilham Adi Pangestu-C1A019078-Skripsi-2023.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Akbar Ilham Adi Pangestu-C1A019078-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Akbar Ilham Adi Pangestu-C1A019078-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Akbar Ilham Adi Pangestu-C1A019078-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Akbar Ilham Adi Pangestu-C1A019078-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Akbar Ilham Adi Pangestu-C1A019078-Skripsi-2023.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Akbar Ilham Adi Pangestu-C1A019078-Skripsi-2023.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Akbar Ilham Adi Pangestu-C1A019078-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh modal usaha, tenaga kerja, legalitas usaha, pendidikan, lama usaha, kemasan produk, dan e-marketing terhadap pendapatan usaha mikro makanan kering yang ada di Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel modal usaha, tenaga kerja, legalitas usaha, pendidikan, lama usaha, kemasan produk, dan e-marketing terhadap pendapatan usaha mikro makanan kering yang ada di Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas dan untuk menganalisis variabel yang paling sensitiv terhadap pendapatan usaha mikro makanan kering Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dengan pemberian kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah usaha mikro yang memproduksi makananan kering yang berjalan usahanya minimal 2 tahun yang ada di Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas yaitu sebanyak 60 usaha. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh yang dimana semua populasi diambil sebagai sampel. Penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan software e-views 12.0 menunjukan bahwa modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha, tenaga kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan usaha, legalitas usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha, pendidikan tidak berpengaruh terhadap pendapatan usaha, lama usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha, kemasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha, e-marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha. Modal usaha, tenaga kerja, pendidikan, lama usaha, kemasan produk, dan e-marketing secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha. Besarnya pengaruh modal usaha, tenaga kerja, pendidikan, lama usaha, kemasan produk, dan e-marketing terhadap pendapatan usaha adalah sebesar 71,6%, sedangkan sisanya 28,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu terkati dengan modal usaha perlu adanya bantuan pemerintah serta pihak bank untuk membantu meningkatkan modal usaha dari para usaha. Tenaga kerja harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh proses produksi. Para pemilik usaha perlu mencari pendidikan kewirausahaan di luar pendidikan formal seperti seminar dan pelatihan. Para pemilik usaha perlu konsisten dalam hal kegiatan usaha. Kemasan produk harus memiliki informasi produk serta keamanan dari produk tersebut. E-marketing perlu dikembangkan sehingga dapat memperluas pasar dari usaha tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23514
Uncontrolled Keywords: UMKM, Makanan, Modal, E-Marketing, Pendapatan
Subjects: B > B414 Business budgets
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mr Akbar Ilham Adi Pangestu
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:39
Last Modified: 17 Nov 2023 07:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24213

Actions (login required)

View Item View Item