ATHIFAH, Wardah Tri (2023) Strategi Marketing Politik Partai Politik Di Purbalingga Dalam Merebut Pemilih Milenial dan Gen Z. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Wardah Tri Athifah-F1D020059-Skripsi-2023.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Wardah Tri Athifah-F1D020059-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (964kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Wardah Tri Athifah-F1D020059-Skripsi-2023.pdf Download (117kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Wardah Tri Athifah-F1D020059-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 20 November 2024. Download (40kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Wardah Tri Athifah-F1D020059-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 20 November 2024. Download (368kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Wardah Tri Athifah-F1D020059-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 20 November 2024. Download (255kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Wardah Tri Athifah-F1D020059-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Wardah Tri Athifah-F1D020059-Skripsi-2023.pdf Download (32kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Wardah Tri Athifah-F1D020059-Skripsi-2023.pdf Download (151kB) |
Abstract
Generasi milenial dan Z adalah generasi yang dilahirkan pada kisaran tahun 1981-2012. Hal ini membuat kedua generasi tersebut dikatakan sebagai generasi internet. Dengan segala kemudahan akses internet maka memberikan dampak kepada seluruh aspek kehidupan sosial, tidak terkecuali aspek politik. Jika dilihat dengan kondisi saat ini, Indonesia sedang bersiap untuk melakukan pemilu 2024. Dalam hal ini partai politik harus mempersiapkan strategi yang matang. Salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi media sosial. Pemanfaatan teknologi juga didukung dengan data yang dikeluarkan oleh KPU bahwa pada pemilu 2024 mayoritas pemilih didominasi oleh gen milenial dan Z. Dengan mempertimbangkan konteks permasalahan yang ada, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing politik yang digunakan oleh partai politik di Purbalingga untuk mendekati pemilih milenial dan Gen Z. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa beberapa partai politik di Purbalingga menggunakan strategi target dan posisi. Yang dimana ini lebih kepada pemberitaan seorang figure dan pemberitaan kegiatan sosial yang dilakukan oleh partai politik tersebut. Namun, terbilang masih sedikit partai politik di purbalingga yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana marketing politiknya. Bahkan beberapa partai politik belum memiliki media sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23500 |
Uncontrolled Keywords: | marketing politik, media sosial, partai politik |
Subjects: | M > M80 Marketing P > P395 Political parties |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | Mrs Wardah Tri Athifah |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 01:47 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 01:47 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24231 |
Actions (login required)
View Item |