Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Experimental Marketing Untuk Menentukan Kombinasi Terbaik Dalam Promosi Penjualan Melalui Media Sosial Dengan Metode Desain Faktorial 2K (Studi Kasus : Thriftshop Sadean)

PUTRI, Raisani Dianis (2023) Experimental Marketing Untuk Menentukan Kombinasi Terbaik Dalam Promosi Penjualan Melalui Media Sosial Dengan Metode Desain Faktorial 2K (Studi Kasus : Thriftshop Sadean). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Raisani Dianis Putri-H1E019040-Skripsi-2023.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Raisani Dianis Putri-H1E019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Raisani Dianis Putri-H1E019040-Skripsi-2023.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-RaisanI Dianis Putri-H1E019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-RaisanI Dianis Putri-H1E019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-RaisanI Dianis Putri-H1E019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-RaisanI Dianis Putri-H1E019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-RaisanI Dianis Putri-H1E019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text (BabVI)
BAB VI-RaisanI Dianis Putri-H1E019040-Skripsi-2023.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-RaisanI Dianis Putri-H1E019040-Skripsi-2023.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-RaisanI Dianis Putri-H1E019040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)

Abstract

Keberadaan media sosial tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi melainkan dapat dimanfaatkan untuk pemasaran bagi para pelaku bisnis. Sadean.ofc merupakan usaha bisnis thrift yang menawarkan pakaian bekas branded yang memanfaatkan media sosial Instagram dan Tiktok untuk membantu kegiatan promosi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial terhadap penjualan di Sadean.ofc serta menentukan kombinasi terbaik dalam kegiatan promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen faktorial 2k dan uji lanjut Duncan. Dalam eksperimen ini melakukan kegiatan promosi dengan dua level faktor yaitu biaya tinggi dan biaya rendah dengan pengulangan sebanyak tiga kali. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari efek utama A (Instagram) dengan Fhitung (7.54) > Ftabel (5.31) dan efek utama B (Instagram) dengan Fhitung (6.91) > Ftabel (5.31), sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hasil Uji Duncan yang digunakan untuk melihat beda nyata antar perlakuan, maka diketahui bahwa perlakuan A1B1 dan A2B2 memiliki efek yang berbeda terhadap respon. Sehingga diketahui kombinasi terbaik yang paling berpengaruh terhadap penjualan adalah kombinasi A1B1 yang menyatakan faktor A dengan level rendah dan faktor B dengan level rendah, dan kombinasi A2B2 yang menyatakan faktor A dengan level tinggi dan faktor B dengan level tinggi. Berdasarkan nilai persen kontribusinya faktor A (Instagram) memiliki persen kontribusi sebesar 29.47%, faktor B (Tiktok) sebesar 26.68%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H23279
Uncontrolled Keywords: Experimental Marketing, Desain Faktorial, Media Sosial, Promosi
Subjects: M > M81 Marketing Propaganda Public relations Publicity
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mrs Raisani Dianis Putri
Date Deposited: 24 Nov 2023 06:14
Last Modified: 24 Nov 2023 06:14
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24465

Actions (login required)

View Item View Item