EKANINGRUM, Athifah (2023) Young Learners’ Attitudes Toward Vocabulary Learning Using Flashcards (A Descriptive Qualitative Study to the Level One Students of (E-Learning) English Learning for Kids Course Unit Puri Cikarang Hijau in the Academic Year of 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Athifah Ekaningrum-J1E017005-Skripsi-2023.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Athifah Ekaningrum-J1E017005-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Athifah Ekaningrum-J1E017005-Skripsi-2023.pdf Download (389kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Athifah Ekaningrum-J1E017005-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2024. Download (268kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Athifah Ekaningrum-J1E017005-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2024. Download (315kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Athifah Ekaningrum-J1E017005-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 29 November 2024. Download (284kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Athifah Ekaningrum-J1E017005-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Athifah Ekaningrum-J1E017005-Skripsi-2023.pdf Download (252kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Athifah Ekaningrum-J1E017005-Skripsi-2023.pdf Download (371kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Athifah Ekaningrum-J1E017005-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
Abstract
Topik umum dari penelitian ini adalah pembelajaran kosakata, sedangkan topik utama dari penelitian ini adalah sikap pelajar muda terhadap pembelajaran kosakata menggunakan kartu flash. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh berupa daftar observasi sikap siswa di kelas, hasil wawancara dengan guru, dan RPP guru. Observasi dilakukan dalam enam pertemuan, sedangkan wawancara dilakukan dalam satu pertemuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang dikhususkan pada penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah unit Kursus E-Learning for Kids Puri Cikarang Hijau, yaitu kursus berbasis multimedia untuk siswa PAUD, SD, dan SMP. Penelitian mengenai sikap pembelajar muda pada siswa tingkat satu (kelas Sart Star) terhadap pembelajaran kosakata menggunakan flashcards pada tahun ajaran 2022/2023 menemukan bahwa pembelajaran kosakata dengan flashcards secara signifikan merangsang sikap positif di kalangan pelajar muda seperti mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan guru, berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, dan antusias mengikuti kegiatan kelas. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap peserta didik antara lain daya tarik visual dari flashcards, permainan interaktif, pengulangan kosakata, dan pujian dari guru seperti guru memberikan semangat kepada peserta didik muda yang berani dan pandai menjawab pertanyaan dengan benar. Flashcards dapat menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan interaktif. Kesimpulannya, pembelajaran kosakata bahasa Inggris menggunakan flashcards merangsang sebagian besar pembelajar muda di E-Learning for Kids Course seperti kepercayaan diri, keberanian menjawab pertanyaan guru, dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggarisbawahi saran kepada siswa agar mengatasi rasa ragu dan malu untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Untuk guru, temuan ini memberikan wawasan dalam memilih media pembelajaran yang efektif, menyoroti pengaruh signifikan dari dorongan positif terhadap sikap siswa di kelas. Selain itu, penelitian ini menyarankan peneliti masa depan untuk mengeksplor tingkat siswa yang berbeda dengan media lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J23292 |
Uncontrolled Keywords: | Pelajar muda, Sikap, Kosakata, Flashcards |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Athifah Ekaningrum |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 01:25 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 01:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24622 |
Actions (login required)
View Item |