Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Whole of Goverment dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Purbalingga (Studi Kasus pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Purbalingga)

IKAPUTRI, Vania Ardiesta (2024) Whole of Goverment dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Purbalingga (Studi Kasus pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Purbalingga). Masters thesis, UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN.

[img] PDF (Cover)
COVER-VANIA ARDIESTA IKAPUTRI-F2A021007-TESIS-2024.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-VANIA ARDIESTA IKAPUTRI-F2A021007-TESIS-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-VANIA ARDIESTA IKAPUTRI-F2A021007-TESIS-2024.pdf

Download (379kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-VANIA ARDIESTA IKAPUTRI-F2A021007-TESIS-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2025.

Download (417kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-VANIA ARDIESTA IKAPUTRI-F2A021007-TESIS-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2025.

Download (456kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-VANIA ARDIESTA IKAPUTRI-F2A021007-TESIS-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2025.

Download (197kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-VANIA ARDIESTA IKAPUTRI-F2A021007-TESIS-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-VANIA ARDIESTA IKAPUTRI-F2A021007-TESIS-2024.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-VANIA ARDIESTA IKAPUTRI-F2A021007-TESIS-2024.pdf

Download (365kB)

Abstract

Pelayanan publik di Indonesia merupakan tanggung jawab utama pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Meskipun demikian, akses masyarakat terhadap layanan tersebut masih dihadapkan pada berbagai kendala, seperti birokrasi yang kompleks, prosedur yang tidak jelas, waktu tunggu yang lama, pungutan liar, dan staf yang kurang kompeten. Untuk mengatasi permasalahan ini, pemerintah berupaya melakukan inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini fokus pada upaya Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam meningkatkan pelayanan publik melalui inovasi, terutama dengan pendirian Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP ini menawarkan berbagai layanan dalam satu tempat, dengan memanfaatkan teknologi informasi. Namun, penelitian ini mengungkapkan bahwa masih terdapat permasalahan terkait integrasi penuh pelayanan publik di MPP, terutama dalam hal kolaborasi antarinstansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan whole of government dalam pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilakukan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini mengevaluasi implementasi konsep "Whole of Government" dalam pelayanan publik di MPP Kabupaten Purbalingga dengan penelitian yang mencakup aspek koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan simplifikasi dalam penyelenggaraan MPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadinya koordinasi antara instansi pemerintah dan non-pemerintah, koordinasi telah terjadi antara berbagai pihak, namun koordinasi yang terjadi hanyalah sebatas koordinasi untuk proses pembentukan dan penyelenggaraan mal pelayanan publik, koordinasi tidak membahsa mengenai kerjasama antara berbagai pihak dalam upaya menghasilkan sebuah output pelayanan bersama. Komitmen bersama antara pemerintah daerah dan penyedia layanan berisi syarat dan ketentan kedua pihak untuk membuka pelayanan di mal pelayanan publik. Sinkronisasi data masih belum berjalan dengan baik terutama pada aplikasi milik daerah. Simplifikasi sudah mulai dirasakan masyarakat yang berkaitan dengan waktu, biaya, prosedur dan tenaga. Meskipun demikian, masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan sinkronisasi dan menyempurnakan prosedur dalam rangka mencapai tujuan penuh pelayanan publik yang terintegrasi. dapat disimpulkan pembentukan hingga penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) penggunaan konsep "Whole of Government" (WoG) tidak tepat. Mal Pelayanan Publik yang ada hanya pemindahan lokasi layanan ke satu tempat, tanpa adanya kolaborasi antara pemerintah daerah Kabupaten Purbalingga dan penyedia layanan dalam upaya menghasilkan output pelayanan bersama.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P224019
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Mal Pelayanan Publik, Whole of Government, Koordinasi Antar Instansi, Integrasi Pelayanan Publik
Subjects: C > C432 Civil service
P > P624 Public administration
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs VANIA ARDIESTA IKAPUTRI
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:59
Last Modified: 30 Jan 2024 08:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25422

Actions (login required)

View Item View Item