SALIH, Rahesakti Dutabuana (2024) Analisis Inovasi Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan (Pelataran) Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rahesakti Dutabuana Salih-F1B019091-Skripsi-2024.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rahesakti Dutabuana Salih-F1B019091-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rahesakti Dutabuana Salih-F1B019091-Skripsi-2024.pdf Download (128kB) |
|
PDF (BabI)
BabI-Rahesakti Dutabuana Salih-F1B019091-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Download (153kB) |
|
PDF (BabII)
BabII-Rahesakti Dutabuana Salih-F1B019091-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Download (258kB) |
|
PDF (BabIII)
BabIII-Rahesakti Dutabuana Salih-F1B019091-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 31 January 2025. Download (210kB) |
|
PDF (BabIV)
BabIV-Rahesakti Dutabuana Salih-F1B019091-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
|
PDF (BabV)
BabV-Rahesakti Dutabuana Salih-F1B019091-Skripsi-2024.pdf Download (124kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rahesakti Dutabuana Salih-F1B019091-Skripsi-2024.pdf Download (254kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rahesakti Dutabuana Salih-F1B019091-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan publik merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar warga negara atas barang, jasa, dan administrasi yang terkait dengan kepentingan publik. Pelayanan publik menjadi fokus studi ilmu administrasi publik karena merupakan tugas dan kewajiban para birokrat dalam melayani masyarakat. Di Indonesia, pelayanan publik masih menghadapi berbagai masalah rumit yang memerlukan perhatian khusus dari para birokrat untuk mencari solusi yang tepat. Salah satu instansi pemerintahan yang menyelenggarakan pelayanan publik di bidang pertanahan adalah Badan Pertanahan Nasional (BPN). Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana Inovasi Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan (Pelataran) di BPN Kabupaten Banyumas dapat mengatasi masalah pertanahan dan meningkatkan kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Inovasi Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan di BPN Kabupaten Banyumas Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Fokus penelitian menggunakan Rogers 1983 yang terdiri dari 5 fokus yaitu: Keuntungan Relatif, Kesesuaian, Kerumitan, Kemungkinan Dicoba, Mudah diamati Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil studi ini memberikan wawasan tentang efektivitas Inovasi Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan lebih lanjut. Hasil penelitian dari Inovasi Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan (Pelataran) di BPN Kabupaten Banyumas yakni adanya Relative advantage, sangat dimudahkan dan bahkan dapat memaksimalkan optimalisasi pelayanan karena didukung dengan kemampuan dari sumber daya pegawainya yang sudah terbiasa dan mahir dalam melakukan penerapan inovasi Pelataran, Compatibility, adanya inovasi Pelataran ini dibilang sudah baik dilihat dari kemudahan yang di rasakan oleh pegawai dalam menggunakan layanan, Complexity adanya inovasi Pelataran ini tidak memiliki kerumitan yang berarti sehingga sudah dapat dikatakakan baik, Triability adanya inovasi Pelataran ini hanya memerlukan proses yang sebentar sehingga dapat memeduhkan pengguna dalam pemprosesan, Observability adanya inovasi Pelataran ini hasil atau dokumen yang diberikan untuk isinya sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah di uraikan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa Inovasi Pelayanan Pertanahan Akhir pekan (Pelataran) di Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas bisa dikatakan berhasil, walaupun masih perlunya peningkatan sosialisasi terhadap masyarakat terkait inovasi Pelataran guna untuk memajukan inovasi kearah yang lebih baik lagi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24059 |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Pelayanan Pertanahan, Inovasi, Pelataran. |
Subjects: | C > C432 Civil service P > P624 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mr. Rahesakti Dutabuana Salih |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 08:30 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 08:30 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25438 |
Actions (login required)
View Item |