Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Students' Perception on the Use of Google Translate Speech-to-Text When Learning English Pronunciation (Descriptive Qualitative Research of X TKJ 5 Grade Students at SMK HKTI 2 Purwareja Klampok in Academic Year 2023/2024)

PRATAMA, Wahyu Andi (2024) Students' Perception on the Use of Google Translate Speech-to-Text When Learning English Pronunciation (Descriptive Qualitative Research of X TKJ 5 Grade Students at SMK HKTI 2 Purwareja Klampok in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-WAHYU ANDI PRATAMA-J1E019027-SKRIPSI-2024.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-WAHYU ANDI PRATAMA-J1E019027-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-WAHYU ANDI PRATAMA-J1E019027-SKRIPSI-2024.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-WAHYU ANDI PRATAMA-J1E019027-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2025.

Download (165kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-WAHYU ANDI PRATAMA-J1E019027-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2025.

Download (306kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-WAHYU ANDI PRATAMA-J1E019027-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2025.

Download (217kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-WAHYU ANDI PRATAMA-J1E019027-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-WAHYU ANDI PRATAMA-J1E019027-SKRIPSI-2024.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-WAHYU ANDI PRATAMA-J1E019027-SKRIPSI-2024.pdf

Download (304kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-WAHYU ANDI PRATAMA-J1E019027-SKRIPSI-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan manfaat yang didapatkan siswa terhadap penggunaan Google Translate Speech-to-Text ketika mempelajari pengucapan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas X TKJ 5 (Teknik Komputer dan Jaringan) SMK HKTI 2 Purwareja Klampok tahun ajaran 2023/2024. Sampel dari penelitian ini adalah tujuh siswa kelas X TKJ 5 yang ditentukan dengan metode sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan observasi. Dan untuk menganalisis data wawancara dan observasi, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif model oleh Miles dan Huberman (2014). Sedangkan, untuk analisa data kuesioner, peneliti menggunakan deskriptif statistik. Berdasarkan pertanyaan penelitian diperoleh hasil bahwa sebagian besar siswa memberikan persepsi positif. Data wawancara mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa setuju bahwa Google Translate Speech-to-Text membuat mereka lebih nyaman, lebih menarik, dan bermanfaat dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh dari observasi pertama dan kedua juga menunjukkan bahwa siswa terlihat antusias dengan media pembelajaran ini. Terkait dengan manfaat Google Translate Speech-to-Text, 71,4% siswa setuju bahwa Google Translate Speech-to-Text Mengonsumsi lebih sedikit data internet, dan 100% siswa setuju bahwa Google Translate Speech-to-Text dapat menampilkan baik kesalahan maupun pengucapan yang benar. Data wawancara juga menunjukkan bahwa Google Translate Speech-to-Text mudah digunakan, memiliki fleksibilitas dan antarmuka pengguna yang bagus yang membuat nyaman siswa. Tidak ada permasalahan berarti yang dialami siswa. Hal ini membuktikan bahwa Google Translate Speech-to-Text merupakan media pembelajaran yang tepat dan bermanfaat untuk pembelajaran pengucapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24010
Uncontrolled Keywords: perception, students, learning, pronunciation, Google Translate Speech-to-Text.
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr. Wahyu Andi Pratama
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:54
Last Modified: 07 Feb 2024 01:54
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25500

Actions (login required)

View Item View Item