APRILIANI, Dwina Rizki (2024) Analisis Komunikasi Internal dalam Proses Employer Branding PT Sumber Alfaria Trijaya TBK Cabang Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-DWINA RIZKI APRILIANI_F1C019038_SKIPSI-2024.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dwina Rizki Apriliani_F1C019038-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-DWINA RIZKI APRILIANI_F1C019038_SKIPSI-2024.pdf Download (140kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I -DWINA RIZKI APRILIANI_F1C019038_SKIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 March 2025. Download (257kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II -DWINA RIZKI APRILIANI_F1C019038_SKIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 March 2025. Download (470kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III -DWINA RIZKI APRILIANI_F1C019038_SKIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 March 2025. Download (150kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV -DWINA RIZKI APRILIANI_F1C019038_SKIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V -DWINA RIZKI APRILIANI_F1C019038_SKIPSI-2024.pdf Download (134kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA -DWINA RIZKI APRILIANI_F1C019038_SKIPSI-2024.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN -DWINA RIZKI APRILIANI_F1C019038_SKIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
Abstract
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) merupakan perusahaan bisnis di bidang retail yang sedang gencar melakukan ekspansi bisnis dengan keinginan besar memiliki sumber daya manusia yang berkualitas untuk mendorong keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Berkaitan dengan hal tersebut, perusahaan perlu melakukan penerapan employer branding dengan strategi komunikasi yang efektif agar dapat menarik minat calon karyawan berkualitas dan menciptakan lingkungan pekerjaan yang sesuai dengan nilai dan tujuan perusahaan. Alfamart Cabang Cilacap menjadi salah satu cabang perusahaan yang saat ini sedang melakukan kegiatan employer branding secara masif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan menganalisis komunikasi internal yang digunakan dalam proses employer branding PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Cilacap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Alfamart Cabang Cilacap sedang melakukan employer branding melalui 3 tahapan yaitu tahap Employee Value Proposition (EVP), tahap pemasaran eksternal, dan tahap pemasaran internal. Dalam pelaksanaannya, komunikasi internal menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan employer branding. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan proses employer branding perusahaan telah menggunakan seluruh komponen-komponen komunikasi internal structure, flow, content, dan climate. Pada komponen structure, komunikasi internal yang digunakan adalah komunikasi formal dan informal. Pada komponen flow, komunikasi internal yang digunakan adalah alur komunikasi downward dan upward. Pada komponen content, komunikasi internal yang digunakan secara personalized dan organizational. Pada komponen climate, komunikasi internal diterapkan melalui keterlibatan, kesetaraan, dan keterbukaan karyawan dalam menciptakan iklim komunikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23574 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Internal, Employer Branding, Alfamart |
Subjects: | C > C631 Communication E > E224 Employment |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs. Dwina Rizki Apriliani |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 01:59 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 01:59 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26415 |
Actions (login required)
View Item |