Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), dan Kreativitas Guru terhadap Keaktifan Belajar Ekonomi di SMAN 1 Banyumas

KHOTIMAH, Nurul (2024) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), dan Kreativitas Guru terhadap Keaktifan Belajar Ekonomi di SMAN 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nurul Khotimah-C1L020013-Skripsi-2024.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurul Khotimah-C1L020013-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurul Khotimah-C1L020013-Skripsi-2024.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nurul Khotimah-C1L020013-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 February 2025.

Download (206kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nurul Khotimah-C1L020013-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2025.

Download (331kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nurul Khotimah-C1L020013-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 March 2025.

Download (251kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurul Khotimah-C1L020013-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nurul Khotimah-C1L020013-Skripsi-2024.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurul Khotimah-C1L020013-Skripsi-2024.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nurul Khotimah-C1L020013-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang didasari pada interaksi dan partisipasi aktif peserta didik dengan pendidik menjadi komponen penting dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, kualitas pendidikan Indonesia masih jauh dari kata baik terutama pada tingkat dunia. Tidak sedikit peserta didik yang mengabaikan pentingnya keaktifan dalam pembelajaran sehingga terjadi ketidakmerataan keaktifan belajar seperti di SMA Negeri 1 Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan membuktikan bahwa ada tidaknya pengaruh antara implementasi kurikulum merdeka, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), dan kreativitas guru terhadap keaktifan belajar ekonomi di SMAN 1 Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner tertutup, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Banyumas tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah sebanyak 430 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 207 responden yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda menggunakan Statistical Package for The Social Science (SPSS) versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan implementasi kurikulum merdeka terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi; (2) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi; (3) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan kreativitas guru terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Implikasi dalam penelitian ini yaitu sekolah diharapkan meningkatkan dan mendukung pengimplementasian kurikulum merdeka secara maksimal bagi setiap pendidik terutama dalam penegasan pembelajaran berbasis proyek. Sekolah juga diharapkan memberikan pelatihan bagi guru mata pelajaran dalam meningkatkan penggunaan teknologi seperti penggunaan website dan aplikasi interaktif. Guru sebagai pendidik yang memiliki peran penting bagi peserta didik dalam proses pembelajaran perlu memahami karakteristik peserta didik dengan baik agar lebih kreatif dalam merencanakan proses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang beragam, menggunakan media pembelajaran, membuka dan menutup pembelajaran dengan metode yang lebih beragam sehingga peserta didik akan lebih senang dan mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24196
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, TPACK, Kreativitas Guru, Keaktifan Belajar
Subjects: S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. Nurul Khotimah
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:17
Last Modified: 25 Mar 2024 06:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26482

Actions (login required)

View Item View Item