Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas

SAFITRI, Mulyani (2024) Pengaruh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Mulyani Safitri-C1L020042-Skripsi-2024.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mulyani Safitri-C1L020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mulyani Safitri-C1L020042-Skripsi-2024.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Mulyani Safitri-C1L020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2025.

Download (198kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Mulyani Safitri-C1L020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2025.

Download (211kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Mulyani Safitri-C1L020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2025.

Download (338kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Mulyani Safitri-C1L020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Mulyani Safitri-C1L020042-Skripsi-2024.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Mulyani Safitri-C1L020042-Skripsi-2024.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mulyani Safitri-C1L020042-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat permasalahan terkait hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi yang mayoritas belum mencapai standar kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Adanya kegiatan proyek penguatan pelajar Pancasila (P5) sebagai bagian dari kurikulum merdeka diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa, sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa bagaimana pengaruh P5 ditinjau dari dimensi kreatif dan dimensi mandiri terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dimensi kreatif dan dimensi mandiri dalam P5 terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Banyumas. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 di MAN 1 Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MAN 1 Banyumas dengan total 529 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 196 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dihitung menggunakan rumus Yamane. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh menggunakan kuesioner dan data nilai Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) mata pelajaran Ekonomi. Kuesioner penelitian dalam bentuk tertutup menggunakan skala guttman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model persamaan regresi linear berganda dan uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas; uji statistik koefisien determinasi (R2), uji F, dan uji t yang diolah menggunakan program SPSS versi 26. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) dimensi kreatif dalam P5 berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Banyumas; dan (2) dimensi mandiri dalam P5 berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Banyumas. Implikasi dari penelitian ini yaitu: (1) adanya pengaruh positif dimensi kreatif dalam P5 membuktikan bahwa semakin baik kreativitas siswa maka akan semakin baik juga hasil belajarnya. Maka, dalam proses pembelajaran guru diharapkan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat mengasah dan meningkatkan kreativitas siswa, seperti model pembelajaran project based learning; dan (2) adanya pengaruh positif dimensi mandiri dalam P5 membuktikan bahwa semakin tinggi kemandirian siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajarnya. Maka, dalam proses pembelajaran guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan tanggung jawab siswa, misalnya menerapkan sistem reward dan punishment dalam proses pembelajaran, sehingga minat siswa dalam mempelajari atau mengerjakan sesuatu dapat berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24217
Uncontrolled Keywords: Dimensi Kreatif, Dimensi Mandiri, Kurikulum Merdeka, Regresi
Subjects: A > A19 Academic achievement
S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. MULYANI SAFITRI
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:10
Last Modified: 23 Apr 2024 03:10
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26598

Actions (login required)

View Item View Item