FEBRIYANTIKA, Elsa (2024) Pengaruh Edupreneurship, Literasi Digital, dan Kepribadian terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Elsa Febriyantika-C1L020020-Skripsi-2024.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Elsa Febriyantika-C1L020020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Elsa Febriyantika-C1L020020-Skripsi-2024.pdf Download (278kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Elsa Febriyantika-C1L020020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2025. Download (322kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Elsa Febriyantika-C1L020020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2025. Download (379kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Elsa Febriyantika-C1L020020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2025. Download (374kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Elsa Febriyantika-C1L020020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Elsa Febriyantika-C1L020020-Skripsi-2024.pdf Download (289kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Elsa Febriyantika-C1L020020-Skripsi-2024.pdf Download (253kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Elsa Febriyantika-C1L020020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan terhadap siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh edupreneurship, literasi digital, dan kepribadian terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang sejumlah 397 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 199 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Data kuesioner yang telah diperoleh ditransformasikan menjadi data interval menggunakan Method of Successive Interval (MSI). Hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh positif edupreneurship terhadap minat berwirausaha berarti semakin baik pelaksanaan edupreneurship, maka minat berwirausaha siswa akan meningkat. Kedua, terdapat pengaruh positif literasi digital terhadap minat berwirausaha yang berarti semakin tinggi literasi digital siswa, maka minat berwirausaha akan meningkat. Ketiga, terdapat pengaruh positif kepribadian terhadap minat berwirausaha berarti semakin baik kepribadian siswa, maka minat berwirausaha akan meningkat. Implikasi dari penelitian ini yaitu: sekolah hendaknya tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas pembelajaran kewirausahaan yang seimbang antara teori dan praktik. Guru sebaiknya menambah sumber belajar dengan memberikan ringkasan materi kepada siswa serta dapat mengaitkan pembelajaran kewirausahaan dengan teknologi digital dan mendorong siswa untuk memanfaatkan fasilitas pembelajaran yang ada di sekolah. Siswa dapat mencoba untuk berlatih berwirausaha secara mandiri dengan memanfaatkan fasilitas pembelajaran yang ada di sekolah dan memanfaatkan teknologi digital sebagai penunjang berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24223 |
Uncontrolled Keywords: | Edupreneurship, Literasi Digital, Kepribadian, Minat Berwirausaha |
Subjects: | E > E356 Entrepreneurship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Elsa Febriyantika |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 08:21 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 08:21 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26619 |
Actions (login required)
View Item |