ANDAMDEWI, Anisa (2017) Pengaruh komunitas brand polygon terhadap loyalitas konsumen (studi pada komunitas polygon xtrada rider Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (25kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (107kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab.I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
PDF (BabII)
Bab.II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab.III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab.IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BabV)
Bab.V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar pustaka_1.pdf Download (192kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
Abstract
Era globalisasi hari ini memunculkan persaingan yang semakin ketat baik antara sesama perusahaan domestik maupun dengan perusahaan asing. Salah satu aset yang dimiliki perusahaan untuk merebut pangsa pasar adalah merek produk. Namun agar merek produk dapat bertahan lama dalam kondisi pasar yang semakin kompetitif dan keluar sebagai pemenang, dibutuhkan konsumen yang memiliki loyalitas konsumen yang tinggi. Adanya komunitas merupakan suatu bentuk komunikasi kelompok guna mendukung terbentuknya loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari Komunitas Merek Polygon Xtrada Rider (PXR) Jakarta terhadap Loyalitas Konsumen Brand Polygon. Responden yang dipilih adalah seluruh anggota Komunitas PXR Jakarta yang aktif. Teori yang dibuktikan ialah teori perilaku konsumen oleh Kotler. Teori tersebut secara umum menyatakan bahwa pembelian yang dilakukan oleh para konsumen sangat dipengaruhi oleh berbagai karakteristik seperti faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi. Model yang digunakan ialah model konsumen terpusat pada komunitas merek oleh Mc. Alexander, Schouten & Koenig. Model ini menjelaskan bahwa komunitas merek dapat menciptakan loyalitas konsumen. Sementara itu, metode pengambilan responden menggunakan jumlah populasi komunitas dengan tujuan agar hasil penelitian seluruhnya dapat menjadi hasil yang representatif. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana dan uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasilnya, koefisien korelasi R sebesar 0,727 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara variabel komunitas merek terhadap loyalitas konsumen serta mempunyai arah hubungan yang positif dan signifikan. Hasil dari uji regresinya adalah variabel komunitas konsumen terbukti mempengaruhi variabel loyalitas konsumen sebesar 64,4%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17271 |
Uncontrolled Keywords: | Komunitas Merek, Loyalitas Konsumen, Teori Perilaku Konsumen, Komunikasi Kelompok, Merek |
Subjects: | C > C648 Community life L > L331 Loyalty |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 03:40 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 03:40 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2694 |
Actions (login required)
View Item |