DEWI, Risma Yulina (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Flipbook Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS MAN 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-RISMA YULINA DEWI-C1L020016-SKRIPSI-2024.pdf Download (213kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-RISMA YULINA DEWI-C1L020016-SKRIPSI-2024 (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-RISMA YULINA DEWI-C1L020016-SKRIPSI-2024.pdf Download (314kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-RISMA YULINA DEWI-C1L020016-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 28 June 2025. Download (331kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-RISMA YULINA DEWI-C1L020016-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 28 June 2025. Download (632kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-RISMA YULINA DEWI-C1L020016-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 28 June 2025. Download (490kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-RISMA YULINA DEWI-C1L020016-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-RISMA YULINA DEWI-C1L020016-SKRIPSI-2024.pdf Download (270kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-RISMA YULINA DEWI-C1L020016-SKRIPSI-2024.pdf Download (289kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-RISMA YULINA DEWI-C1L020016-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen Semu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) berbantuan media flipbook terhadap motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa di MAN 1 Banyumas pada Tahun Ajaran 2023/2024. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data kuesioner serta hasil pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di MAN 1 Banyumas berjumlah 174 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 67 siswa dari dua kelas yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara penerapan model pembelajaran CRH berbantuan media flipbook dengan model pembelajaran konvensional (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran CRH berbantuan media flipbook dengan model pembelajaran konvensional (3) terdapat pengaruh positif model pembelajaran CRH berbantuan media flipbook terhadap motivasi belajar ekonomi siswa (4) terdapat pengaruh positif model pembelajaran CRH berbantuan media flipbook terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran CRH, dan memaksimalkan penggunaan media flipbook. Waka kurikulum dapat mempertimbangkan dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif CRH dengan media flipbook untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Sekolah dapat memberikan pelatihan kepada guru terkait implementasi model pembelajaran CRH dan cara membuat media flipbook. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay (CRH), Flipbook, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24293 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay (CRH), Flipbook, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | C > C843 Cooperative learning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Risma Yulina Dewi |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:09 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:09 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27627 |
Actions (login required)
View Item |