SETIANI, Mega (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Resitasi dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Sma Negeri 1 Karangreja. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Mega Setiani-C1L019006-Skripsi-2024.pdf Download (204kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mega Setiani-C1L019006-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Mega Setiani-C1L019006-Skripsi-2024.pdf.pdf Download (26kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Mega Setiani-C1L019006-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Mega Setiani-C1L019006-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Mega Setiani-C1L019006-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Mega Setiani-C1L019006-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Mega Setiani-C1L019006-Skripsi-2024.pdf.pdf Download (219kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-Mega Setiani-C1L019006-Skripsi-2024.pdf.pdf Download (462kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mega Setiani-C1L019006-Skripsi-2024.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian eksperimen, jenis atau model penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design atau eksperimen semu dengan bentuk the nonequivalent control group design. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran resitasi dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA N 1 Karangreja. Pelaksanaan penelitian pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar serta kemandirian belajar khususnya siswa kelas IX pada mata pelajaran ekonomi. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda serta kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI A sampai dengan kelas XI I SMA N 1 Karangreja tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik sebanyak 311. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas XI H dan kelas XI I dengan jumlah 69 peserta didik, alasan kelas tersebut digunakan sebagai sampel penelitian dikarenakan kedua kelas tersebut yang memperoleh nilai rata-rata ulangan harian yang paling kecil diantara kelas yang lainya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukara soal, uji daya pembeda soal, uji normalitas, uji homogenitas, uji t (independent sample t-test), uji linearitas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear sederhana, uji determinasi, dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran resitasi dengan peserta didik yang menggunakan etode pembelajaran konvensional; (2) Metode pembelajaran resitasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif; (3) Kemandirian belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan peserta didik dapat meningkatkan kemandirian belajarnya serta adanya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, guru diharapkan dapat mengaplikasikan metode pembelajaran resitasi dalam proses belajar ehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24307 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Metode Resitasi; Kemandirian Belajar; Hasil Belajar Kognitif. |
Subjects: | C > C523 Cognitive styles in children |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Mega Setiani |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 02:52 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:52 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27900 |
Actions (login required)
View Item |