MELATI, Elvina Reza (2024) Pengaruh Adversity Quotient, Motivasi Berprestasi, dan Konsep Diri terhadap Kemandirian Belajar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Elvina Reza Melati-C1L017020-Skripsi-2024.pdf Download (181kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Elvina Reza Melati-C1L017020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Elvina Reza Melati-C1L017020-Skripsi-2024.pdf Download (184kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Elvina Reza Melati-C1L017020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (443kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Elvina Reza Melati-C1L017020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (434kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Elvina Reza Melati-C1L017020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2025. Download (543kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Elvina Reza Melati-C1L017020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Elvina Reza Melati-C1L017020-Skripsi-2024.pdf Download (187kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Elvina Reza Melati-C1L017020-Skripsi-2024.pdf Download (309kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Elvina Reza Melati-C1L017020-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan untuk menganalisis pengaruh adversity quotient, motivasi berprestasi, dan konsep diri terhadap kemandirian belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2021, 2022, dan 2023 sebanyak 196 mahasiswa dan sampel sebanyak 132 mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh menggunakan kuesioner tertutup dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling serta teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan program SPSS menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh positif adversity quotient terhadap kemandirian belajar. (2) Terdapat pengaruh positif motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar. (3) Terdapat pengaruh positif konsep diri terhadap kemandirian belajar. Implikasi dari penelitian ini yaitu mahasiswa disarankan meningkatkan kemandirian belajar dengan cara meningkatkan motivasi untuk meraih prestasi belajar yang lebih baik, serta meningkatkan konsep diri dengan menumbuhkan pandangan yang positif terhadap diri sendiri sehingga dapat mengembangkan rasa percaya diri pada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24335 |
Uncontrolled Keywords: | Adversity Quotient, Motivasi Berprestasi, Konsep Diri, Kemandirian Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement A > A31 Achievement motivation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. Elvina Reza Melati |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 00:59 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 00:59 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28104 |
Actions (login required)
View Item |