PRADANA, Asyhraf Rahardyan Danu (2024) Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visualisation, Auditory, Kinestetic) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kedungreja. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-ASYHRAF RAHARDYAN DANU PRADANA-C1L018042-2024.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ASYHRAF RAHARDYAN DANU PRADANA-C1L018042-2024.pdf Download (643kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ASYHRAF RAHARDYAN DANU PRADANA-C1L018042-2024.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-ASYHRAF RAHARDYAN DANU PRADANA-C1L018042-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 August 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-ASYHRAF RAHARDYAN DANU PRADANA-C1L018042-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 August 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-ASYHRAF RAHARDYAN DANU PRADANA-C1L018042-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 August 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-ASYHRAF RAHARDYAN DANU PRADANA-C1L018042-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-ASYHRAF RAHARDYAN DANU PRADANA-C1L018042-2024.pdf Download (2MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ASYHRAF RAHARDYAN DANU PRADANA-C1L018042-2024.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ASYHRAF RAHARDYAN DANU PRADANA-C1L018042-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk nonequivalent control group design menggunakan metode quasi experimental design terhadap siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kedungreja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap motivasi dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kedungreja. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Data yang digunakan dalam penelitian berupa nilai pretest dan posttest serta angket kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 138 siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kedungreja. Sampel yang digunakan sebanyak 71 responden yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X6 dan X8 menggunakan teknik purposive sampling yaitu menggunakan kriteria tertentu dalam menentukan sampel. Kedua kelas akan diuji menggunakan instrumen dalam bentuk angket kuesioner motivasi belajar sebanyak 22 pernyataan dan pilihan ganda sebanyak 20 butir pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, menunjukkan bahwa, pertama terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Visualisation, Auditory, Kinestetic dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Kedua terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Visualisation, Auditory, Kinestetic dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Ketiga model pembelajaran Visualisation, Auditory, Kinestetic berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Keempat model pembelajaran Visualisation, Auditory, Kinestetic berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat tercipta pembelajaran yang menyenangkan sehingga mudah dipahami serta bisa meningkatkan hasil belajar. Guru dan sekolah dapat mempertimbangkan penerapan model pembelajaran Visualisation, Auditory, Kinestetic sebagai salah satu bagian dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24411 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Visualisation, Auditory, Kinestetic, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | C > C716 Concept learning C > C796 Consumption Economics Consumer education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr. Asyhraf Rahardyan Danu Pradana |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 06:31 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 06:31 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28601 |
Actions (login required)
View Item |