MEITA, Rizkiyatul (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar SMK Negeri 1 Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rizkiyatul Meita-C1L020026-Skripsi-2024.pdf Download (291kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rizkiyatul Meita-C1L020026-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizkiyatul Meita-C1L020026-Skripsi-2024.pdf Download (331kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rizkiyatul Meita-C1L020026-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 September 2025. Download (348kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rizkiyatul Meita-C1L020026-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 September 2025. Download (481kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rizkiyatul Meita-C1L020026-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 September 2025. Download (491kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rizkiyatul Meita-C1L020026-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rizkiyatul Meita-C1L020026-Skripsi-2024.pdf Download (289kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rizkiyatul Meita-C1L020026-Skripsi-2024.pdf Download (332kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rizkiyatul Meita-C1L020026-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan berbantuan media question card dan pengaruhnya terhadap keaktifan dan hasil belajar pada peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 1 Purbalingga. Permasalahan rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi dasar di kelas X AKL, menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berbantuan media question card terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X AKL SMK Negeri 1 Purbalingga yang berjumlah 107 peserta didik. Sampel penelitian ini ditentukan melalui teknik purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 72 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu dengan menggunakan tes pilihan ganda, wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, uji daya pembeda, uji normalitas, dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan keaktifan belajar antara penerapan model pembelajaran course review horay berbantuan media question card dengan model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran course review horay berbantuan media question card dengan model pembelajaran konvensional; (3) Model pembelajaran course review horay berbantuan media question card berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar; dan (4) Model pembelajaran course review horay berbantuan media question card berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Implikasi dalam penelitian ini, yaitu sekolah diharapkan menyediakan fasilitas dan pelatihan pada guru untuk mengembangkan model pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik agar tujuan pembelajaran tercapai. Guru dapat meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran CRH berbantuan media question card, yang membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik melalui kegiatan berkelompok dan games kuis. Pengawasan guru penting dalam model ini untuk memastikan penerapan sesuai teknis pelaksanaan model ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24440 |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Course Review Horay, Question Card, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement L > L89 Learning and scholarship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. RIZKIYATUL MEITA |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:06 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:06 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29782 |
Actions (login required)
View Item |