MAHARANI, Kintan (2024) Preferensi Konsumen Terhadap Produk Keripik Tempe (Studi Kasus Pada Toko Oleh-oleh "Sawangan No.1" di Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Kintan Maharani-A1A020034-Skripsi-2024.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Kintan Maharani-A1A020034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Kintan Maharani-A1A020034-Skripsi-2024.pdf Download (184kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Kintan Maharani-A1A020034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Kintan Maharani-A1A020034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Kintan Maharani-A1A020034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Kintan Maharani-A1A020034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Kintan Maharani-A1A020034-Skripsi-2024.pdf Download (124kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Kintan Maharani-A1A020034-Skripsi-2024.pdf Download (201kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Kintan Maharani-A1A020034-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
Abstract
Umur simpan tempe yang singkat membuat banyak UMKM seperti toko oleh-oleh “Sawangan No.1” mengolahnya menjadi keripik. Namun, persaingan ketat dalam industri keripik tempe memaksa produsen untuk terus berinovasi, meskipun itu bukan hal yang mudah. Pengetahuan tentang preferensi konsumen diperlukan untuk melakukan inovasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik umum konsumen keripik tempe “Sawangan No.1” Purwokerto, 2) mengetahui peringkat kepentingan konsumen berdasarkan atribut yang dipertimbangkan dalam pembelian, dan 3) mengetahui preferensi konsumen terhadap keripik tempe “Sawangan No.1” Purwokerto. Penelitian dilaksanakan secara studi kasus di toko oleh-oleh “Sawangan No.1” Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Penelitian dilaksanakan dari bulan Juni sampai Juli 2024. Objek penelitiannya adalah preferensi konsumen akhir sedangkan subjeknya adalah konsumen yang berusia 17 tahun keatas dan pernah membeli produk keripik tempe “Sawangan No.1” minimal 2 kali dalam 2 bulan terakhir. Metode pengambilan sampel adalah sampling insidental sebanyak 100 responden. Atribut produk yang digunakan yaitu rasa, harga, daya tahan, kemasan, aksesibilitas, dan ketersediaan. Sampel yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji cochran, dan uji konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen keripik tempe “Sawangan No.1” lebih banyak yang berjenis kelamin perempuan, berusia 26-40 tahun, sudah menikah, bekerja sebagai ibu rumah tangga, dan memiliki pendapatan rumah tangga sebesar Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000. Peringkat kepentingan berdasarkan atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli keripik tempe “Sawangan No.1” berturut-turut adalah ketersediaan, harga, aksesibilitas, dan rasa. Preferensi konsumen terhadap produk keripik tempe “Sawangan No.1” adalah rasa gurih, harga ≤Rp 20.000/bungkus, aksesibilitas toko dekat dengan tempat tinggal, dan produk yang selalu tersedia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A24416 |
Uncontrolled Keywords: | Preferensi konsumen, Keripik tempe |
Subjects: | B > B437 Bussiness enterprises F > F244 Food Analysis |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Kintan Maharani |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 08:19 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 08:19 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30236 |
Actions (login required)
View Item |