Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas di Kota Bogor

PRIHATINI, Desti (2024) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Lapis Talas di Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Desti Prihatini-A1A020048-Skripsi-2024.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Desti Prihatini-A1A020048-Skripsi=2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Desti Prihatini-A1A020048-Skripsi-2024.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Desti Prihatini-A1A020048-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (139kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Desti Prihatini-A1A020048-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (164kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Desti Prihatini-A1A020048-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (258kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Desti Prihatini-A1A020048-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2025.

Download (445kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Desti Prihatini-A1A020048-Skripsi-2024.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Desti Prihatini-A1A020048-Skripsi-2024.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Desti Prihatini-A1A020048-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)

Abstract

Tingginya potensi makanan daerah terhadap pertumbuhan ekonomi membuat perkembangan industri semakin pesat dan tingkat persaingan semakin tinggi. Salah satu daerah terkenal dengan makanan khasnya adalah Kota Bogor dengan makanan lapis talas. Seiring berjalannya waktu, tingginya permintaan masyarakat akan lapis talas menyebabkan munculnya pelaku usaha yang memproduksi usaha serupa. Terdapat perbedaan rating setiap merek usaha lapis talas, rating tersebut dinilai oleh konsumen berdasarkan kualitas dan rasa produk, harga yang ditetapkan, promosi yang ditawarkan, lokasi toko lapis talas, fasilitas yang tersedia dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mengidentifikasikan karakteristik konsumen Lapis Talas di Kota Bogor; 2) menganalisis pengaruh bauran pemasaran 7P terhadap keputusan pembelian Lapis Talas di Kota Bogor; 3) merumuskan alternatif strategi bauran pemasaran yang dapat dipertimbangkan oleh pemilik usaha Lapis Talas di Kota Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juli – Agustus 2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini terdiri dari tujuh variabel eksogen, diantaranya produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan sarana fisik serta satu variabel endogen, yaitu keputusan pembelian. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif, analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS), dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Karakteristik berdasarkan jenis kelamin dan umur mayoritas responden yang membeli lapis talas adalah perempuan berumur 21-30 tahun. Berdasarkan tingkat pendidikan, jumlah penghasilan, dan pekerjaan, mayoritas responden menempuh pendidikan di tingkat sarjana dan memiliki penghasilan sebesar Rp. 2.000.000 – Rp. 5.000.000 yang sebagian besar bekerja sebagai pegawai swasta. Merek lapis talas yang paling digemari oleh responden adalah Lapis Bogor Sangkuriang. Sebagian besar responden membeli lapis sebanyak dua kali dengan tujuan pembelian untuk dikonsumsi pribadi dan sebagai oleh-oleh: 2) variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan sarana fisik (X7) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian: 3) posisi industri lapis talas pada matriks IE berada pada kuadran V (Hold and Maintain). Strategi yang tepat diterapkan oleh para pelaku usaha lapis talas adalah strategi pertumbuhan dengan konsentrasi melalui integrasi horizontal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A24435
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Lapis Talas, Makanan Khas Daerah, Struktural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS)
Subjects: D > D63 Decision making
M > M80 Marketing
P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs. Desti Prihatini
Date Deposited: 22 Nov 2024 01:25
Last Modified: 22 Nov 2024 01:25
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30646

Actions (login required)

View Item View Item