WIDIANINGSIH, Oktaviana (2024) Vocational High School Students' Perception on The Use of Code-Switching in English Learning. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Oktaviana Widianingsih-J1E019019-Skripsi-2024.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Oktaviana Widianingsih-J1E019019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Oktaviana Widianingsih-J1E019019-Skripsi-2024.pdf Download (200kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Oktaviana Widianingsih-J1E019019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2025. Download (481kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Oktaviana Widianingsih-J1E019019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2025. Download (513kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Oktaviana Widianingsih-J1E019019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 22 November 2025. Download (389kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Oktaviana Widianingsih-J1E019019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (951kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Oktaviana Widianingsih-J1E019019-Skripsi-2024.pdf Download (323kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Oktaviana Widianingsih-J1E019019-Skripsi-2024.pdf Download (483kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Oktaviana Widianingsih-J1E019019-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengalaman dan persepsi siswa mengenai alih kode beserta alasan guru bahasa Inggris menggunakan alih kode ketika sedang mengajar di kelas bahasa Inggris. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kondisi nyata praktek alih kode di kelas. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskripsi kualitatif, dengan subjek penelitian 35 siswa dari kelas XI TJKT 1 SMKN 1 Banyumas beserta guru bahasa Inggris yang mengajar kelas tersebut. Menggunakan deskripsi, yang mana merupakan metode kualitatif, penelitian ini berusaha mendeskripsikan dengan lengkap persepsi mereka dalam penggunaan alih kode di kelas bahasa Inggris. Kuesioner dibagikan kepada 35 siswa XI TJKT 1 SMKN 1 Banyumas untuk mengetahui persepsi mereka terhadap penggunaan alih kode dalam kelas bahasa Inggris. Wawancara dilakukan bersama 3 siswa yang sudah dipilih berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan, wawancara dengan siswa dilaksanakan untuk mendukung temuan dari kuesioner. Selain itu, wawancara dilakukan kepada guru bahasa inggris yang mengajar di kelas XI TJKT 1 SMKN 1 Banyumas untuk mengetahui alasan guru menggunakan alih kode pada saat mengajar. Peneliti juga melakukan observasi non peserta untuk mengetahui kondisi nyata penggunaan alih kode di kelas XI TJKT 1 Banyumas. Analisis deskriptif yang dilakukan untuk menganalisis temuan data dari kuesioner menghasilkan temuan yaitu 34 dari 35 siswa setuju jika penggunaan alih kode dikelas membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih efektif. Semua siswa juga memiliki pandangan dan persepsi positif terhadap penggunaan alih kode dikelas, hal ini berdasarkan hasil interview. Menurut hasil observasi penggunaan alih kode di kelas XI TJKT 1 sering terjadi. Dapat diketahui bahwa alasan guru sering menggunakan code-switching di kelas bahasa Inggris adalah untuk membantu siswa lebih memahami materi, membuat pemebelajaran menjadi lebih efektif, mengorganisir kelas, dan meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini diungkapkan oleh guru bahasa Inggris pada saat wawancara. Termuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa partisipan memiliki persepsi positif terhadap penggunaan alih kode dan alih kode sering digunakan di kelas bahasa Inggris. Partisipan disarankan berlatih menggunakan alih kode dikehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24291 |
Uncontrolled Keywords: | Alih-kode, Pemebelajaran Bahasa Inggris, Persepsi, Siswa SMK |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Oktaviana Widianingsih |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 06:55 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 06:55 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30673 |
Actions (login required)
View Item |