NADIYA, Lindita Nur (2024) Profil Penerapan Strategi Belajar Self-Regulated Learning (SRL) Komponen Kognitif Dalam Pelaksanaan Praktikum Anatomi Beserta Korelasinya Terhadap Nilai Ujian Praktikum Anatomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Lindita Nur Nadiya-G1A021092-Skripsi-2024.pdf Download (277kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lindita Nur Nadiya-G1A021092-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lindita Nur Nadiya-G1A021092-Skripsi-2024.pdf Download (276kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Lindita Nur Nadiya-G1A021092-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Lindita Nur Nadiya-G1A021092-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Lindita Nur Nadiya-G1A021092-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Lindita Nur Nadiya-G1A021092-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Lindita Nur Nadiya-G1A021092-Skripsi-2024.pdf Download (288kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Lindita Nur Nadiya-G1A021092-Skripsi-2024.pdf Download (298kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Lindita Nur Nadiya-G1A021092-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Latar Belakang : Faktor produk berupa hasil belajar dipengaruhi secara langsung oleh faktor proses berupa penerapan strategi belajar. Hasil ujian praktikum Anatomi yang kurang sesuai harapan dapat ditelaah dengan melihat karakteristik penerapan strategi belajar Self-Regulated Learning (SRL) komponen kognitif dalam pelaksanaan praktikum Anatomi, beserta korelasinya dengan hasil ujian praktikum Anatomi. Tujuan : Untuk mengetahui profil (jenis & frekuensi) penerapan strategi belajar SRL komponen kognitif dalam metode belajar praktikum Anatomi beserta korelasinya dengan nilai ujian praktikum Anatomi. Metode : Penelitian observasional dengan metode belah lintang pada 121 mahasiswa semester 2 FK Unsoed yang dipilih secara total sampling. Data primer berupa jenis dan frekuensi penerapan strategi belajar SRL hasil pengisian kuesioner “Strategi Belajar SRL Komponen Kognitf” diadaptasi dari The MSLQ. Pengolahan data univariat untuk mendapatkan profil berupa jenis dan frekuensi penerapan strategi belajar SRL komponen kognitif. Uji Pearson untuk mengetahui korelasi antara nilai ujian praktikum Anatomi pra-remedial dengan skor penerapan strategi SRL keseluruhan komponen kognitif serta dengan setiap skor sub-komponennya. Hasil : Responden berjumlah 121 mahasiswa terdiri atas 86 mahasiswa (71,1 %) responden perempuan dan 35 mahasiswa (28,9%) responden laki-laki dengan rerata usia 18,77 tahun. Proporsi terbesar dalam penerapan strategi belajar sub-komponen rehearsal adalah jenis frekuensi penerapan “selalu” (29,64%); pada elaboration adalah “sering” (44,62%); pada organization adalah tidak pernah” (30,81%); dan sub-komponen critical thinking pada jenis frekuensi penerapan “jarang” (32,17%). Uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi bermakna dalam setiap perbandingan variabel, kecuali pada total skor critical thinking dengan nilai ujian praktikum Anatomi (p= 0,033; <0,05). Kesimpulan : Profil penerapan startegi belajar SRLkomponen kognitif mahasiswa Semester 2 FK Unsoed dalam metode belajar praktikum Anatomi telah diperoleh dan perlu adanya upaya dalam mempertahankan strategi belajar SRL komponen kognitif yang telah diterapkan dalam jenis frekuensi sering dan selalu serta perlu adanya upaya untuk meningkatkan strategi belajar SRL komponen kognitif yang jarang dan tidak pernah diterapkan oleh mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G24133 |
Uncontrolled Keywords: | Anatomi, kognitif, nilai, self-regulated learning, ujian praktikum |
Subjects: | C > C716 Concept learning |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mrs. Lindita Nur Nadiya |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 06:59 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 06:59 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31077 |
Actions (login required)
View Item |