PUJIATI, Pujiati (2018) Identifikasi Inefisiensi pada Pelayanan Unit Rawat Inap RSU Allam Medica Bumiayu menggunakan Konsep Lean. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1 cover.pdf Download (523kB) |
|
PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
|
PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf Download (522kB) |
|
PDF (BabI)
4 bab1.pdf Restricted to Repository staff only until 6 January 2026. Download (561kB) |
|
PDF (BabII)
5 bab2.pdf Restricted to Repository staff only until 6 January 2026. Download (611kB) |
|
PDF (BabIII)
6 bab 3.pdf Restricted to Repository staff only until January 2026. Download (564kB) |
|
PDF (BabIV)
7 bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) |
|
PDF (BabV)
8 bab5.pdf Download (534kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9 dapus.pdf Download (522kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap pemborosan dan kegiatan yang tidak memiliki nilai tambah dalam bentuk waiting, transportation, dan inventory pada seluruh alur proses atau kegiatan pelayanan Unit Rawat Inap RSU Allam Medica Bumiayu dengan menggunakan konsep lean hospitals, sehingga inefisiensi yang terjadi dapat dipetakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen, observasi, wawancara mendalam, dan focus group discussion (FGD ). Secara khusus dalam konsep lean alat analisis yang digunakan untuk melakukan identifikasi inefisiensi pada alur pelayanan Unit Rawat Inap RSU Allam Medica Bumiayu adalah Value Stream Map (VSM). Hasil penelitian ini menunjukkan inefisiensi atau dalam istilah lean disebut sebagai waste di Unit Rawat Inap RSU Allam Medica Bumiayu dapat diidentifikasi dengan menggunakan konsep lean. Inefisiensi dalam bentuk waiting terjadi di IGD, TPPRI, Instalasi Farmasi IGD, Poliklinik, Bangsal Perawatan, serta Bagian Kasir dan Administrasi Rawat Inap. Sedangkan inefisiensi dalam bentuk transportation terjadi di Bangsal Dahlia, Anggrek, Cempaka, dan Edelweis. Inefisiensi dalam bentuk inventory terjadi pada Bagian Rekam Medis dan Instalasi Farmasi. Seluruh inefisiensi tersebut mengakibatkan kegiatan dan waktu yang tidak memberikan nilai tambah baik bagi pasien dan keluarga pasien, maupun bagi karyawan. Berdasarkan temuan penelitian ini, beberapa saran yang dapat diberikan kepada RSU Allam Medica Bumiayu adalah: (1) konsep lean dapat digunakan oleh RSU Allam Medica Bumiayu dalam rangka memperbaiki manajemen dan organisasi, (2) penggunaan konsep lean diintegrasikan dengan tujuan pencapaian SPM rumah sakit dan standar pelayanan lainnya yang dibutuhkan, (3) RSU Allam Medica dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai entry point perbaikan manajemen dan organisasi saat ini. Bagi pengembangan khasanah ilmu pengetahuan dapat disampaikan saran agar: (1) terus dikembangkan penelitian yang lebih banyak tetang konsep lean dalam manajemen rumah sakit (lean hospitals)sehingga lebih memadai dan kaya referensi, dan (2) perlu pengembangan alat bantu analisis praktis dari lean sehingga memudahkan praktisi dalam melakukan analisis menggunakan lean hospitals secara komprehensif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | Belum ada |
Uncontrolled Keywords: | Inefisiensi, RSU Allam Medica, Lean, Waste |
Subjects: | C > C1020 Customer services H > H50 Health boards Health facilities Hospitals |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 06:45 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 06:45 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31143 |
Actions (login required)
View Item |